Kegiatan Terbagi Dua Lokasi, Antusias Masyarakat Tinggi

Metro-112 hit 08-02-2021 20:22
Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardianto, memantau lokasi yang akan dilakukan kegiatan TMMD di Mentawai, Senin (8/2). (Dok : Istimewa)
Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardianto, memantau lokasi yang akan dilakukan kegiatan TMMD di Mentawai, Senin (8/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pra kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Sumbar, dilaksanakan serentak di dua tempat berbeda, Senin pagi (8/2).

Dua lokasi berbeda itu yakni Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan di Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman.

Pembukaan langsung dilakukan oleh masing-masing Komandan Kodim (Dandim) setempat.

Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardianto, melalui rilisnya menyampaikan, kegiatan Pra TMMD dilakukan untuk memaksimalkan hasil kerja.

"Khususnya sasaran fisik, karena kondisi cuaca yang setiap hari hujan, sehingga perlu persiapan lebih baik, dan pada saat H-1 penutupan nanti, sasaran fisik tercapai 100 persen," ujar Bagus.

Senada dengan Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko. Menurutnya, waktu Pra TMMD hingga akhir Februari mendatang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk antisipasi berbagai kendala kegiatan fisik nantinya, terkait cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Secara khusus Titan juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah memberikan dukungan pada TMMD ke-110 ini.

Dirinya berharap pembangunan ini bisa terus dilanjutkan mengingat lokasi TMMD memiliki potensi wisata yang bagus dan juga akan ada pembangunan pesantren.

"Terima kasih kepada seluruh unsur pemerintahan dan masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh. Khususnya kepada warga yang telah memberi izin, mengikhlaskan penggunaan lahannya untuk pembukaan dan pembangunan jalan sepanjang 2,5 km," kata Titan.

Sementara itu, antusias warga di dua lokasi TMMD sangat tinggi. Dikutip dari rilis Kodim 0319/Mentawai, pra pembukaan TMMD dihadiri Kapolres Mentawai AKBP Mu'at, Camat Sipora Utara, Kemenag Mentawai, Kabid dari Dinas Pekerjaan Umum, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitarnya.

Antusias yang sama juga tampak di Padangpariaman. Kegiatan pra pembukaan hadir Kapolsek Lubuk Alung, Danramil, Dinas PMD kabupaten Padang Pariaman, wali nagari se-kecamatan Lubuk Alung, dan masyarakat.

Warga di dua lokasi berbeda itu menyatakan siap untuk ikut bergotong royong membantu TNI.

Kabid Kerjasama Pembangunan Kawasan Pedesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar, Vera Irawati, menyebutkan dalam pelaksanaan TMMD ini dukungan camat dan wali nagari sangat baik.

"Setiap wali nagari akan mengirimkan lima orang warganya secara bergantian tiap hari untuk membantu pekerjaan sasaran fisik TMMD," ujar Vera.

Selain itu, lanjutnya, beberapa bantuan juga sudah mulai berdatangan, khususnya untuk rehab rumah tidak layak huni dengan bantuan dari Baznas sudah mulai dikerjakan.

"Kami berharap, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan semua bantuan yang ada bisa tepat sasaran," harap Vera. (*)

Komentar