Mahyeldi- Audy Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

Metro-202 hit 19-02-2021 17:34
Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani saat serahkan hasil pleno KPU kepada pasangan Mahyeldi-Audy, Jumat (19/2). (Dok : Istimewa)
Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani saat serahkan hasil pleno KPU kepada pasangan Mahyeldi-Audy, Jumat (19/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah dan Audy Joinaldy ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih hasil pemilihan gubernur 2019 kemarin.

Penetapan pasangan ini dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, di salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (19/2).

Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani menyampaikan penetapan Mahyeldi dan Audy Joinaldy berdasarkan surat penetapan KPU Sumbar Nomor nomor 36/PL.02.7-BA/13/KPU-Prov/II/2021.

Baca Juga

"Pleno penetapan calon terpilih memang sempat terlambat, karena ada pasangan calon yang melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan setelah putusan MK yang menolak gugatan dari paslon itu, barulah KPU melakukan pleno penetapan," kata Yanuk.

Dia juga menyampaikan seusai melakukan pleno, KPU Sumbar akan memberikan surat keputusan pemenang Pilkada kepada DPRD Sumbar untuk selanjutnya lembaga legislatif itu akan mengusulkan pada Presiden RI, melalui Menteri Dalam Negeri.

Pleno KPU penetapan calon terpilih itu dipimpin langsung ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani, didampingi empat komisioner lainnya yakni Amnasmen, Nova Indra, Gebril Daulay dan Izwaryani, serta Sekretaris Firman dan undangan lain termasuk paslon terpilih Mahyeldi dan Audy Joinaldy.

Seperti diketahui, pasangan calon Mahyeldi dan Audy Joinaldy saat pemilihan Gubernur Sumbar kemarin diusung oleh PKS dan PPP. Pasangan ini meraih suara terbanyak dengan memperoleh 726.853 suara atau 32,43 persen.

Komentar