PT ASDP Padang Dapat Tambahan Satu Kapal Roro

Metro-122 hit 07-04-2021 13:30
PT ASDP Padang datangkan KMP Tanjung Burang untuk menambah frekuensi pelayaran antar Padang dan Mentawai. (Dok : Istimewa)
PT ASDP Padang datangkan KMP Tanjung Burang untuk menambah frekuensi pelayaran antar Padang dan Mentawai. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Padang, mendapat tambahan satu unit Kapal Roro dari PT ASDP Pusat.

Kapal ini akan dioperasikan penggunaannya oleh PT ASDP Cabang Padang dalam waktu dekat, dan dengan tambah satu unit kapal baru ini akan menjadikan arus angkutan barang dan penumpang dari Padang ke Mentawai dan sebaliknya lebih lancar.

Kepala Cabang PT ASDP Padang, Asril kepada Arunala.com , Rabu (7/4) menyebutkan pihaknya kini mendapat tambahan satu unit kapal penyeberangan (Roro).

Baca Juga

"Untuk tahap awal, kapal baru ini akan kami operasikan melayani rute Padang- Sikakap, dan Padang-Tuapejat," kata Asril.

Selama ini, PT ASDP Padang hanya memiliki dua unit kapal Roro yakni Gambolo dan Ambu-ambu dalam melayani rute pelayaran dari Padang ke Mentawai.

Kemudian, dengan adanya tambahan satu kapal baru ini, Arsil mengatakan ini akan menjadikan frekuensi pelayaran kapal penyebarangan ini makin bertambah.

"Biasanya dua kali dalam seminggu, namun dengan ada tambahan satu unit kapal baru frekuensi pelayaran menjadi tiga kali dalam seminggu," ungkap Arsil.

Dia menerangkan, kapal penyeberangan yang baru diterimanya itu bernama KMP Tanjung Burang.

Kapal ini berkapasitas 540 Grosston (GRT), dengan daya angkut 316 orang penumpang, serta bisa mengangkut 15 unit kendaraan roda dua (sepeda motor) dan 18 unit kendaraan roda empat, dengan jumlah crew kapal 19 orang.

"Kehadiran KMP Tanjung Burang ini merupakan bagian upaya PT ASDP Padang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal angkutan penyeberangan antar pulau ini," kata Arsil.

Komentar