Wisatawan Pulau Angso Duo Nikmati Fenomena Langka

Metro-84 hit 16-05-2021 11:14
Dua ekor Penyu Lekang sedang proses kawin di perairan Pulau Angso Duo, Sabtu siang (15/5). (Dok : Istimewa)
Dua ekor Penyu Lekang sedang proses kawin di perairan Pulau Angso Duo, Sabtu siang (15/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Fenomena langka dapat dinikmati para wisatawan yang sedang berwisata di Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sabtu (15/5) kemarin. Pasalnya sekitar Sabtu siang itu wisatawan dapat mengabadikan sepasang penyu Lekang sedang proses kawin di perairan pantai pulau itu.

Turut juga menyaksikan peristiwa langka itu Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang secara spontan juga langsung mengabadikan dengan kamera ponselnya. Kebetulan wali kota ini sedang melakukan pemantauan pengunjung wisatawan di Pulau Angso Duo tersebut.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citrha Aditur Bahri mengatakan jenis penyu tersebut yaitu penyu Lekang yang berhabitat di perairan laut Kota Pariaman.

Baca Juga

"Penyu jenis ini mendominasi perairan laut Kota Pariaman, sedangkan juga ada spesies lainnya yakni penyu hijau dan sisik, dimana telur-telurnya sering ditemui di sekitar perairan pulau terluar Kota Pariaman ini," imbuhnya.

Dia juga mengaku terkejut melihat tingkah penyu yang sedang kawin tersebut, namun tak ayal, sambung Chitra, ini merupakan pertanda bahwa kondisi perairan laut Kota Pariaman ini bebas dari racun dan dalam keadaan bersih.

"Proses kawin dari hewan itu tidak begitu lama kami saksikan, hewan itu menampakkan dirinya sekitar lima sampai 10 menit saja," kata Chitra. (*)

Komentar