Malam Ini Fenomena Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat

Metro-321 hit 26-05-2021 16:53
Ilustrasi Gerhana Bulan Total. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi Gerhana Bulan Total. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang Arunala - Masyarakat Indonesia kembali dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total (GBT) atau terkenal sebagai Super Blood Moon pada 26 Mei 2021.

Dikutip dari laman resmi BBMKG menyebutkan fenomena Super Blood Moon dapat diamati dari wilayah Indonesia, hanya saja waktu pengamatannya berbeda karena faktor wilayah.

Pihak BMKG menjelaskan fenomena Super Blood Moon ini hanya terjadi saat fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total (GBT) di mana bumi bergerak di antara bulan dan matahari dan berada pada posisi garis lurus.

Pada saat awal gerhana, bulan akan tampak lebih besar dan cerah. Hal ini karena bulan berada pada posisi paling dekat dengan bumi.

Fenomena ini adalah Supermoon. Kemudian, bulan akan tampak merah, seperti tembaga karena atmosfer bumi membiaskan cahaya matahari. Saat itu bulan memerah saat gerhana total disebut sebagai Blood Moon.

"Fenomena Super Blood Moon ini adalah akibat dari gelombang cahaya panjang yang datang dari bumi inilah yang membuat bulan tampak merah," tulis BMKG.

Terjadinya Gerhana Bulan Total ini hanya setiap 195 tahun sekali, sementara fenomena gerhana bulan sendiri terjadi dua kali dalam setahun.

Proses GBT dimulai dengan gerhana Penumbra yang dimulai pukul 15:46:37 WIB, dan kontak akhir Penumbra yang mengakhiri proses gerhana pada 20:51:16 WIB atau selama 3 Jam 7 Menit. (*)

Komentar