10 Pasang Peserta Ikuti Penilaian Final

Metro-271 hit 28-05-2021 21:45
Dewan juri saat memberikan pertanyaan kepada para peserta pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021, Jumat malam (28/5). ( Foto : Arzil)
Dewan juri saat memberikan pertanyaan kepada para peserta pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021, Jumat malam (28/5). ( Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021, yang dilangsungkan di sebuah hotel berbintang di Kota Padang, Jumat malam (28/5).

Dalam pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 kali ini, panitia menghadirkan juri penilai yang kompeten, diantaranya Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Dr Abdul Khak, Khairul Jasmi (unsur media), Gus Tf (Sastrawan), Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti, dan Uni Duta Bahasa Sumbar 2008, Annike Feby Fiolina.

Kepala Balai Bahasa Sumbar, Aminulatif menyebutkan pemilihan Duta Bahasa Sumbar ini merupakan kegiatan tahunan dari instansinya.

Baca Juga

"Penting bagi generasi muda Indonesia untuk menyadari kekayaan sejarah bahasa mereka dan yakin akan potensi besar bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi global," ujar Aminulatif.

Dirinya kemudian menyinggung penggunaan bahasa asing yang banyak terlihat di ruang-ruang publik saat ini.

"Soalnya, ketika menjemput para juri untuk malam final pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 ini, saya melihat ada berbagai reklame yang ditulis dalam Bahasa Inggris di ruang publik," ujar Aminulatif.

Meski ditulis dalam bahasa Inggris, lanjutnya, namun dinilai dari estetika dan kaidah bahasanya kurang tepat penempatannya.

"Untuk itu melalui para Duta Bahasa Sumbar 2021 ini, semoga bisa melakukan penertiban pemakaian bahasa asing (Inggris) yang salah di ruang publik," kata Aminulatif.

Sementara itu, pada penilaian malam final pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 itu, telah terpilih 10 pasang peserta.

Dalam malam final itu, para peserta akan menjawab pertanyaaan- pertanyaan yang akan diajukan dewan juri kepada mereka.

Hingga berita ini diturunkan, tahapan penilaian Duta Bahasa Sumbar 2021 masih berlangsung.

Komentar