LKKS Pariaman Perbaiki Empat Rumah Warga

Metro-9 hit 08-01-2021 13:59
Wali Kota Pariaman, Genius Umar lakukan peletakan batu pertama dalam program bedah rumah LKKS Pariaman, Jumat (8/1). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar lakukan peletakan batu pertama dalam program bedah rumah LKKS Pariaman, Jumat (8/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Raut wajah Risman terpancar bahagia saat didatangi Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan rombongan di halaman rumahnya, Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah, Jumat (8/1).

Kebahagian itu Risman karena Genius Umar lakukan peletakan batu pertama perbaikan rumahnya yang dapat program bedah rumah tidak layak huni dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Keluarga (LKKS) Peduli, bekerjasama dengan Baznas kota setempat.

Genius yang didampingi juga ketua LKKS Pariaman, Lucyanel Arlym Genius, dan para OPD dan kepala desa setempat menyampaikan, penyelenggaraan kesejahteraan sosial bukan hanya kewajiban dan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga kewajiban dan tanggung jawab masyarakat, karena masyarakat memiliki kesempatan yang luas dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan cara mendirikan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Keluarga (LKKS).

Baca Juga

"Keberadaan LKKS di kota adalah mitra pemko yang memiliki peran strategis membangun bidang kesejahteraan social, serta memperkokoh ketahanan sosial dan pengurangan angka kemiskinan," kata Genius.

Ia menjelaskan, sebagai lembaga yang berfungsi mengkoordinasikan penyelenggaraan sosial yang dilaksanakan lembaga-lembaga sosial dan masyarakat, maka LKKS sangat berkepentingan, semangat kesetiakawanan dan kepedulian sosial tersebut dapat menjadi modal sosial yang sangat penting dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Alhamdulillah, hari ini LKKS Pariaman melaksanakan fungsi sosialnya dengan program bedah rumah bersama Baznas. Ini perlu diapresiasi karena setiap tahun terus melakukan inovasi program dan mengembangkannya," imbuhnya.

Ketua LKKS Pariaman, Lucyanel Arlym Genius mengatakan, selain Risman, program bedah rumah ini juga dilakukan pada rumah Zuria Efani di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, rumah Fitri Yanti di Desa Kampung Apar Kecamatan Pariaman Selatan, dan rumah Ramaini di Desa Kajai Kecamatan Pariaman Timur.

"Menurut laporan yang kami terima, empat rumah tersebut layak untuk dibedah dan diperbaiki. Semoga di 2021 ini, kami bisa melakukan kegiatan yang lebih banyak lagi dalam membantu pemko guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di kota ini," kata Lucyanel Arlym Genius.

Komentar