Mendadak Genius Datangi Sejumlah Kantor OPD

Metro-21 hit 13-01-2021 14:14
Wako Genius Umar saat sidak di dua OPD terkait penerapan pelayanan di kantor itu, Rabu (13/1)  . (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar saat sidak di dua OPD terkait penerapan pelayanan di kantor itu, Rabu (13/1) . (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sejumlah kantor dinas di Kota Pariaman, diplototi Wali Kota Genius Umar, Rabu siang (13/1). Kehadirian mendadak wali kota ini ke sejumlah kantor OPD itu tidak lain untuk melihat secara nyata proses pelayanan yang ada di kantor-kantor tersebut.

Dua dari sejumlah kantor OPD yang didatangi Genius itu adalah kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan kantor Dinas Kesehatan.

"Sidak yang saya lakukan ini kepada tiap kantor OPD antara lain untuk memastikan pola penataan ruang, kebersihan ruangan kantor, kebersihan kamar mandi, dan memperhatikan kondisi mebeuler yang layak atau tidak layak lagi untuk di gunakan, sehingga masyarakat yang datang juga merasa nyaman," kata Genius.

Baca Juga

Mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19, sebut dia, bukan berarti pelayanan publik menjadi terganggu juga dan para pegawai jadi bermalas-malasan.

"Saya tidak mau itu terjadi, sebagai pelayan public harus tetap mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, walaupun masih dalam situasi Covid-19 sekarang," tegas Genius.

Dia melanjutjan, sidak ini juga dilakukan untuk menjamin dan mengimbau agar pelayanan di kantor-kantor yang bersifat pelayanan publik memenuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti kesediaan cuci tangan atau hand sanitizer, menjaga jarak tempat duduk, dan setiap ASN wajib menggunakan masker.

Dalam sidak itu, Genius juga berikan peringatan agar pimpinan OPD mengajak seluruh staffnya membersihkan dan menata dengan rapi seluruh ruangan tempat mereka bekerja.

"Untuk Dinas Dikpora, saya meminta agar ruangan yang sempit dan banyak sekat, dapat ditata lebih lepas lagi sehingga terkesan lapang dan tidak sempit lagi. Sedangkan menyangkut kebersihan dan penataan interior sudah cukup baik dan rapi," papar Genius lagi.

Sedangkan untuk Dinas Kesehatan, Genius meminta dinas tersebut bersama personel Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup gotong royong bersama membersihkan semak-semak dan pohon serta debu dan barang-barang yang tak terpakai di belakang kantor dinas tersebut.

"Ruangan kantor ini sangat besar tapi tidak terawat baik. dan terkesan dibiarkan saja, karena itu saya meminta bantuan Dinas Perkim LH untuk membantu memotong pohon-pohon dan semak-semak yang banyak tumbuh di lokasi ini, sehingga nantinya ruangan kantor ini dapat dipergunakan untuk OPD lainya," ujarnya mengakhiri.

Komentar