Sektor Pariwisata jadi Topik Penting Pembicaraan

Metro-37 hit 15-01-2021 16:25
Wako Pariaman Genius Umar saat mengunjungi Wako Pekanbaru, Firdaus untuk penjajakan kerjasama investasi pengembangan sektor pariwisata, Jumat (15/1). (Dok : Istimewa)
Wako Pariaman Genius Umar saat mengunjungi Wako Pekanbaru, Firdaus untuk penjajakan kerjasama investasi pengembangan sektor pariwisata, Jumat (15/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Dua kepala daerah yakni Wali Kota Pekanbaru dan Wali Kota Pariaman jajaki kerjasama pengembangan ekonomi daerah melalui industri kreatif di sektor pariwisata.

Hal itu terlihat dengan berkunjungnya Wali Kota Pariaman, Genius Umar ke Pemkot Pekanbaru guna menemui wali kotanya, Firdaus di ruang kerjan wali kota itu di Komplek Perkantoran Wali Kota Pekanbaru, Jumat (15/1).

Banyaknya hal yang dibicarakan dua kepala daerah ini, mulai dari jarak Pekanbaru ini yang dekat dengan Sumbar, hingga menyinggung banyak dari warga di dua kota itu mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Pekanbaru maupun Pariaman.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu, Genius menyebutka salah satu market pasar wisatawan domestik yang banyak berkunjung ke destinasi wisata di Pariaman adalah warga Pekanbaru.

Karena itu, Genius melihat ada peluang ekonomi yang bisa dikembangkan Pariaman di sektor pariwisata yang dimilikinya, berupa investasi daerah untuk pengembangan pariwisata.

"Kami melihat investasi semacam ini cukup besar peluangnya, dan hal itu bisa meningkatkan PAD Pariaman di sektor pariwisata," ungkap Genius Umar saat itu.

Lebih lanjut Genius menjelaskan, pariwisata di Pariaman merupakan sektor yang dinilai potensial untuk dikembangkan dalam upaya meningkatkan pemasukan bagi daerah melalui obyek atau destinasi wisata, dan itu juga menjadi visi daerahnya.

"Pengembangan dan pendayagunaan pariwisata secara optimal mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mempertimbangkan hal tersebut maka penanganan yang baik sangat diperlukan," ujar Genius lagi.

Genius mengatakan pertemuan yang dilakukan hari itu merupakan langkah awal untuk mengkonkritkan kerjasama yang dibuat dua kota ini, dan tindaklanjutnya akan dilakukan kembali pertemuan dan diskusi serupa dikemudian hari.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyambut baik kunjungan Wali Kota Pariaman, Genius Umar ke daerahnya. Apalagi Pariaman dan Pekanbaru sama-sama berada di wilayah I, berbagai informasi, inovasi dan kerjasama antar daerah adalah hal yang biasa.

"Dalam kunjungan ini, kami saling diskusi membahas soal kerjasama yang akan dibuat dengan Pemko Pariaman. Intinya nanti antara Pekanbaru dan Pariaman akan jadi satu kesatuan yang kokoh, dalam hal peningkatan ekonomi yang dikembangkan dalam hal industri kreatif dalam pengembangan pariwisata dua daerah," jelas Firdaus.

Dengan adanya kerjasama nanti, lanjut dia, pihak Pemkot Pekanbaru mengharapkan akan terjadi multiplayer effeck antar dua daerah khusunya di bidang investasi daerah pengembangan pariwisata, yang nantinya berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Firdaus juga mengatakan bahwa hasil diskusi hari ini akan ditindak lanjuti dengan kunjungan balasan dirinya bersama dengan OPD Pemkot Pekanbaru ke Pariaman dalam waktu dekat.

"Diharapkan kedepan, dengan pertukaran sumber daya antar dua kota ini, kami akan punya daya saing untuk menatap perkembangan zaman saat ini, serta menuju Indonesia Maju 2045, dapat kami siapkan dari sekarang," tutup Firdaus. (*)

Wako Pariaman Genius Umar saat mengunjungi Wako Pekanbaru, Firdaus untuk penjajakan kerjasama investasi pengembangan sektor pariwisata, Jumat (15/1). (Dok : Istimewa) 16 ; 25

Komentar