Kinerja Lembaga Barakai Desa Dievaluasi

Metro-28 hit 03-02-2021 15:32
Anggota Barakai di Kecamatan Pariaman Timur melakukan aktivitasnya. (Dok : Istimewa)
Anggota Barakai di Kecamatan Pariaman Timur melakukan aktivitasnya. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Terkait dengan arahan Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat apel gabungan yang diadakan, Sabtu (13/1) lalu di pantai kata, tentang pengevaluasian kembali lembaga-lembaga dan aparatur pemerintahan yang ada di desaagar bisa bergerak kembali sesuai dengan tupoksi mereka masing-masing, langsung disikapi Camat Pariaman Timur, M Arif Gunawan.

Arif begitu beliau dipanggil dalam kesehariannya mengatakan, bahwa beliau sudah melakukan kunjungan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Pariaman Timur, untuk berkordinasi dengan kepala desaagar selalu mengevaluasi kinerja kelembagaan desa secara menyeluruh secara periodik, khususnyakinerja petugas kebersihan (barakai) yang ada di desa.

Saat ini, sebut dia, Wali Kota Genius Umar sedang gencar-gencarnya meningkatkan pariwisata di Kota Pariaman, tentu saja hal tersebut juga harus didukung oleh semua desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman ini, khususnya di bidang kebersihan yang menjadi tupoksi dari petugas barakai yang ada di desa," terang Arif di Pariaman, Rabu (3/2).

Baca Juga

"Alhamdulillah hal tersebut disambut baik oleh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pariaman Timur, dan mereka langsung bergerak memberdayakan barakai-barakai yang ada di desa mereka masing-masing, untuk membersihkan lingkungan desa khususnya jalan-jalan protokol, dan menata tanaman-tanaman dibantu oleh masyarakat dan ibu-ibu kader PKK, agar desa mereka terlihat bersih dan indah, sehingga Kota Pariaman semakin tacelak di mata pengunjung yang datang ke Kota Pariaman ketika melewati desa-desa yang ada di kecamatan Pariaman Timur," ungkapnya.

Dia berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, tetapi harus dilakukan setiap hari oleh barakai atau petugas kebersihan ini sesuai dengan tupoksi mereka mulai dari sekarang, sehingga hasil kerja mereka bisa dinikmati oleh masyarakat banyak.

"Dengan jalannya barakai desa di kantor desa dan lingkungan desa akan berdampak juga kepada layanan pemerintahan desa. Masyarakat dan tamu yang datang akan merasa nyaman dan puas, sehingga akan tercipta suasana pemerintahan dan pelayanan desa yang kondusif dan menyenangkan, sekaligus mendukung program pemerintah kota dalam bidang pariwisata," tutup M Arif Gunawan.

Komentar