Target PBB P2 Kota Pariaman di 2021 Capai Rp2,2 Miliar

Ekonomi- 10-03-2021 21:11
Wako Genius Umar serahkan SPPT Pajak Bumi dan Bangunan, Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) kepada kepala desa dan camat se Kota Pariaman, Rabu malam (10/3).
Wako Genius Umar serahkan SPPT Pajak Bumi dan Bangunan, Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) kepada kepala desa dan camat se Kota Pariaman, Rabu malam (10/3).

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Dengan adanya Penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Tertuang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan, Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) 2021 untuk Kepala Desa dan Lurah se Kota Pariaman yang diadakan malam ini, pemko berharap realisasi PBB P2 nanti mencapai 100 persen, dan ini nantinya akan menjadi tanggung jawab Camat masing-masing untuk memantau Desa dan Kelurahan yang ada di daerahnya.

"Target PBB P2 Kota Pariaman Tahun 2020 yang lalu sebesar Rp2,2 miliar, sedangkan realisasinya hanya mencapai 68,5 persen saja, yakni diangka Rp1.5 miliar lebih, karena itu kami berharap untuk 2021, target Rp2,2 miliar tersebut dapat dicapai 100 persen," ujar Walikota Pariaman, Genius Umar ketika membuka acara Penyerahan SPPT PBB P2 Tahun 2021 di balairung rumah dinas walikota, Kelurahan Jawi-Jawi II, Kecamatan Pariaman Tengah, Rabu malam (10/3).

Genius Umar juga melihat masih ada beberapa Desa dan Kelurahan PBB nya yang dibawah 50 persen, karena itu ia meminta peran aktif dari Kepala Desa dan Lurah untuk segera menindaklanjuti hal ini, serta untuk Camat, agar dapat mengawasi dan mengontrol dimana Desa dan Kelurahan yang tidak mencapai target ini, dan mencari solusinya.

Baca Juga

"Untuk menggenjot dan memberi motivasi kepada para Kepala Desa dan Lurah, nantinya yang Desa dan Kelurahan yang target PBB nya mencapai 100 persen, akan kita beri reward, dengan ikut dalam acara studi banding kedaerah Jawa sana, untuk percontohan dan studi tiru nantinya," yang disambut antusias oleh para Kepala Desa dan Lurah yang hadir.

Genius Umar juga menyampaikan tentang program unggulan yang ada di Kota Pariaman, seperti pengembangan Waterfront City, Milenial Bertani, Pembangunan Pasar yang sudah selesai dan didepanya nanti kita juga sedang meminta bantuan pusat untuk kembali membangun pasar basah, selain program unggulan lainya.

"Tahun ini, kita juga mendapat Program Padat Karya Tunai (PKT) dari Pemerintah Pusat yang jumlahnya mencapai 2,7 Milyar, dimana ada 9 Desa yang mendapat dana Rp300 juta untuk masing-masing desa, yang mana sebesar 60 persenya untuk Cas For Work (CFW) untuk masyarakat yang ada di desa tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut Genius juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini lagi mengusulkan untuk penambahan beberap desa dalam program ini, sehingga di Tahun 2021, banyak program Padat Karya yang disatu sisi kita mendapatkan infrastruktur yang kita bangun, disisi lainya banyak masyarakat kita yang bisa bekerja dan menghasilkan rupiah dari program ini, tukasnya.

"Kami juga mengcapkan terimakasih kepada para Kepala Desa dan Lurah, yang sudah bersama-sama dengan kami dalam mewujudkan Kota Pariaman menjadi lebih baik, dan mendukung program dan visi kami dalam membangun Kota Pariaman yang sejahtera untuk kita bersama," tutupnya.

Komentar