SSI Kota Pariaman Terbentuk

Metro-29 hit 16-03-2021 15:14
Ketua TP PKK Pariaman, Lucyanel Genius, didampingi Kadis Perkim LH Pariaman, M Syukri saat pembentukan SSI Kota Pariaman, Selasa (16/3). (Dok :Istimewa)
Ketua TP PKK Pariaman, Lucyanel Genius, didampingi Kadis Perkim LH Pariaman, M Syukri saat pembentukan SSI Kota Pariaman, Selasa (16/3). (Dok :Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sehubungan dibentuknya Srikandi Sungai Indonesia (SSI) Sumbar, maka Pemko Pariaman melalui Dinas P3AKB dan Dinas Perkim LH Pariaman membentuk kepengurusan SSI Kota Pariaman.

Pembentukan kepengurusan SSI Kota Pariaman tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, bertempat di ruang Rapat Walikota Pariaman, Selasa (16/3), dan dihadiri oleh Kadis Perkim LH Kota Pariaman, M Syukri, Sekretaris DP3AKB Kota Pariaman Satri Yerlina, dan utusan dari empat kecamatan yang ada di Kota Pariaman.

Srikandi Sungai Indonesia (SSI) adalah salah satu contoh nyata inisiatif masyarakat untuk mendorong partisipasi aktif perempuan dalam restorasi daerah aliran sungai dan pemberdayaan masyarakat sekitar sungai untuk meningkatkan daya dukung dan berkelanjutan lingkungan, kualitas lingkungan, dan aktivitas ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Pariaman, Lucyanel Genius sebutkan, pembentukan SSI ini adalah merupakan salah satu upaya dalam Pengendalian Pencemaran Air (PPA) yang ada di Kota Pariaman ini.

"Tujuan SSI ini bukanlah hanya sekedar menjaga sungai, tetapi juga untuk melakukan pemberdayaan perempuan yang tinggal disekitar sungai, karena secara tidak langsung sungai bisa menambah income atau pemasukan bagi mereka, dan juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu saya menyambut baik inisiasi ini semoga kedepan terjalin kerjasama yang baik dalam membersihkan dan menjaga lingkungan dan sesuai juga dengan visi dan misi pemerintah Kota Pariaman dalam program pengembangan water front city", ucap Lucyanel Genius.

"Hal ini bisa terwujud melalui edukasi perempuan dalam pelestarian lingkungan sungai, gerakan gotong royong perempuan dalam aksi pelestarian lingkungan sungai, dan pemberdayaan ekonomi kreatif perempuan berbasis pariwisata berkelanjutan di lingkungan sungai", jelas Ketua TP PKK Kota Pariaman ini.

Lucyanel Genius berpesan, siapapun nantinya yang terpilih sebagai pengurus SSI Kota Pariaman, semoga bisa amanah dengan tugas yang diembannya, dan diharapkan nantinya SSI Kota Pariaman bisa menjaga dan melestarikan lingkungan sungai yang ada di Kota Pariaman ini dengan baik, sekaligus juga bisa membantu meningkatkan perekonomian perempuan lingkungan sungai melalui usaha ekonomi kreatif berbasis pariwisata berkelanjutan.

Komentar