Wako Beserta Kekuarga yang Pertama Didata

Metro-27 hit 01-04-2021 15:25
Wako Pariaman, Genius Umar saat didata petugas dari DP3AKB kota setempat, Kamis (1/4). (Dok Istimewa)
Wako Pariaman, Genius Umar saat didata petugas dari DP3AKB kota setempat, Kamis (1/4). (Dok Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, lakukan pendataan keluarga 2021yang dilaksakan BKKBN serentak se-Indonesia pada 1 April-31 Mei2021.

Di Pariman, Wali Kota Genius Umar beserta keluarga, menjadi keluarga pertama di kota itu yang didata hari tersebut, Kamis (1/4).

Kepala DP3AKB Pariaman, Nazifah mengatakan, pendataandilakukan untuk validasi sebagai dasar bagi pemerintah dalam melaksanakan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan berdasarkan data yang akurat. Pendataan keluarga 2021 ini menghasilkan data mikro keluarga secaraby name by addresssebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan," kata Nazifah.

Dia meyampaikan, petugas pendataan keluarga 2021 di Pariaman berasal dari DP3AKB yang didampingi perwakilan BKKBN Sumbar.

Pendataan keluarga 2021, terang dia, jadi hal penting bagi pemerintah dan pemerintah daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi program pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana (Bangga Kencana), dan program pembangunan lainnya.

Pendataan keluarga dilakukan serentak setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.

" Adapun BKKBN melakuan pendataan keluarga sebagai amanat UU 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, serta Peraturan Pemerintah No.87 tentang perkembangan kependudukan, pembangunan keluarga, keluarga berencana, dan sistem informasi keluarga," tutup Nazifah.

Komentar