Genius Umar Jadi Ketua LKAAM Kota Pariaman

Metro- 30-06-2021 20:03
Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu melantik Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam, sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman periode 2021-2026, di Pariaman, Rabu (30/6). (Dok : Istimewa)
Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu melantik Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam, sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman periode 2021-2026, di Pariaman, Rabu (30/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman , Arunala -- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu resmi melantik Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam, sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman periode 2021-2026.

Di saat bersamaan, Ketua LKAAM Sumbar ini juga melantik kepengurusan Bundo Kanduang dan DPD LPM kota setempat di aula Balaikota Pariaman, Rabu (30/6).

Seusai dilantik sebagai ketua, Genius Umar yang juga Wali Kota Pariaman ini menyampaikan keberadaan LKAAM sebagai pilar pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam suatu daerah.

"Jadi dengan kata lain, posisi dan eksistensi niniak mamak dan bundo kanduang cukup penting dalam menata dan menjalankan sistem sosial budaya di tengah masyarakat, khususnya di Kota Pariaman," kata Genius Umar.

Dari sisi pemerintah, Genius sebagai wali kota mengharapkan keberadaan lembaga adat ini bisa membantu Pemko Pariaman dalam menggali potensi-potensi daerah dalam mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan, khususnya membangkitkan kembali kearifan lokal.

"Para niniak mamak yang tergabung dalam LKAAM dan KAN nantinya juga, bisa menjadi sarana untuk mempersatukan anak kemenakan dalam mensukseskan pembangunan kota ini," ujarnya.

Hal lain disampaikan Genius, para niniak mamak dan bundo kanduang juga harus menguasai IT dan bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini.

"Dengan bisa menguasai gadget dan IT, para niniak mamak dan bundo kanduang akan tahu apa yang sedang dikerjakan oleh anak kemenakannya," sambung Genius.

Genius berharap, dengan keberadaan pengurus LKAAM yang baru, bisa saling bersinergi bersama bundo kanduang dan LPM dalam menjalankan amanah dan tugas dengan baik.

Komentar