Pemko Pariaman Siap Berantas Praktik Rentenir

Ekonomi-29 hit 09-09-2021 13:43
Wali Kota Genius Umar saat serahkan pinjaman Marandang dari pihak BN kepada para kreditur yang ada di Kota Pariaman, Kamis (9/9). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar saat serahkan pinjaman Marandang dari pihak BN kepada para kreditur yang ada di Kota Pariaman, Kamis (9/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyerahkan Pinjaman Marandang (Melawan Rentenir Daerah Minang) dari Bank Nagari (BN) kepada debitur KUR Super Mikro asal Kota Pariaman. Penyerahaan bantuan itu dilakukan di rumah dinas wali kota, Kamis (9/9).

Penyerahan simbolis ini didampingi pemimpin Divisi Pemasaran BN, Hardi Putra, dan pimpinan BN cabang Pariaman, Ibnu Supriadi.

Pinjaman Marandang merupakan kredit Pembiayaan kepada usaha mikro dengan proses mudah (tanpa agunan tambahan), murah (berbiaya rendah) dan cepat, sebagai salah satu solusi membantu dan mendorong kebangkitan usaha mikro dalam rangka recovery ekonomi di tengah pandemi Covid-19, serta mengatasi praktik rentenir di Sumbar.

Sasaran kredit ini adalah pelaku usaha mikro perorangan atau kelompok diutamakan yang sedang terjerat rentenir untuk semua sektor ekonomi yang tidak melanggar atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Genius Umar menuturkan keberadaan rentenir memang telah menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan modal mendesak yang serba praktis, mudah, dan cepat, tapi mempunyai resiko yang ditanggung oleh masyarakat.

"Keberadaan rentenir sangat membantu dan dibutuhkan oleh sebagian masyarakat, namun di sisi yang lain, rentenir sangat berbahaya dengan bunga yang sangat memberatkan peminjam, dan hal ini terus menerus menjadi dilema di tengah kehidupan masyarakat," ujarnya.

Dia berharap program itu dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang jitu bagi masyarakat, untuk membantu mendorong kebangkitan khususnya usaha mikro yang sangat dibutuhkan di tengah perekonomian yang sulit di masa pandemi ini.

"Dengan adanya KUR Super Mikro Marandang dari Bank Nagari ini, dengan segala kemudahan-kemudahan yang diberikan, seperti tanpa agunan tambahan sehingga nasabah cukup dengan usaha yang layak dibiayai," terangnya lebih lanjut.

Genius juga menyampaikan dengan adanya pinjaman Marandang yang diterima kreditur dari BN itu dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman di tengah pandemi saat ini, ulasnya mengakhiri.

Sementara itu pimpinan BN cabang Pariaman, Ibnu Supriadi menjelaskan pinjaman Marandang ini diberikan dengan plafon maksimal sampai Rp10 juta rupiah.

"Kepada penerima pinjaman, ia berharap debitur bisa memanfaatkan pinjaman tersebut dengan baik untuk keberlangsungan usahanya, serta bisa mengembalikan pinjaman tersebut dengan lancar agar bisa diteruskan kepada pelaku usaha lainnya," tukasnya.

Ibnu menjelaskan, bagi pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan pinjaman Marandang untuk dapat datang langsung ke BN terdekat.

Komentar