Refa Rahmaddiansyah Pernah Raih 11 Medali Emas di Ajang Internasional

Metro-681 hit 10-09-2021 20:56
Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Unand yang meraih juara pertama ajang pemilihan mahasiswa berpretasi (Pilmapres) 2021 nasional. (Dok : Istimewa)
Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Unand yang meraih juara pertama ajang pemilihan mahasiswa berpretasi (Pilmapres) 2021 nasional. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand) secara mengejutkan meraih juara pertama ajang pemilihan mahasiswa berpretasi (Pilmapres) 2021 nasional.

Kemenangan yang diraih Refa mengakhiri "puasa" prestasi bagi Unand mengikuti ajang Pilmapres nasional sejak 1986 lalu.

Prestasi juara nasional yang ditorehkan Refa Rahmaddiansyah ini bukan tanpa alasan, karena sebelumnya sosok pria kelahiran Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), 10 Juli 2000 itu, sudah memiliki segudang prestasi nasional maupun internasional.

Baca Juga

Anak tunggal dari pasangan Rizwan Fauzi SH, dan Fettry Wanti, guru SMP 1 Batang Kapas itu sudah menunjukkan prestasi yang cukup gemilang.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga jenjang SMA, dirinya selalu jadi juara kelas, bahkan juara umum untuk sekolah.

"Saya masih ingat, awal prestasi juara yang saya raih yakni ketika mendapat juara 3 MTQ tingkat anak-anak se-Kabupaten Pesisir Selatan, lalu meraih peringkat juara di sekolah mulai SD hingga SMA," kata Refa Rahmaddiansyah saat dihubungi Arunala.com , Jumat sore (10/9).

Dia menyebutkan, saat ini dirinya masih menjalani bangku kuliah di Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand) pada tahun empat (Semester 7).

Selain sebagai mahasiswa berprestasi nasional 2021 ini, Refa juga sebelumnya juga berprestasi pada sejumlah ajang perlombaan tingkat mahasiswa lainnya mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Untuk ajang internasional, Refa Rahmaddiansyah sudah menyabet 11 medali emas, empat (4) medali perak, dan tiga (3) medali perunggu.

Diantara medali emas ajang internasional yang diraih Refa itu yakni Juara 1 Lomba Membaca Cerita Minangkabau Berbahasa Inggris Oral Presenter The First International Conference Agromedicine and Medical Science (ICAMS) Medali Emas Afrika OCIIP Expo di Nigeria.

Kemudian, medali emas World Invention Competition and Exibition Inventors of Indonesia International Invention Festival Inventors of Indonesia International Invention Festival.

Selanjutnya, meraih medali emas World Invention Creativity Olympic, serta medali emas Sahasak Nimavum di Srilanka.

Disamping itu ada lagi beberapa prestasi internasional lainnya yang berhasil dimenangi Refa Rahmaddiansyah ini.

Sedangkan untuk ajang perlombaan tingkat nasional, Refa meraih empat (4) medali emas, tiga (3) medali perak dan empat (4) medali perunggu.

Atas prestasi yang diukir Refa itu, maka dirinya kemudian mendapat beasiswa PPA dari Kemdikbud RI tahun 2019-2020, dan beasiswa dari Djarum Beasiswa Plus oleh PT Djarum tahun 2020-2021.

Selain itu, Refa Rahmaddiansyah juga terlihat aktif di beberapa organisasi di kampusnya dan di masyarakat, yaitu menjadi staf bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Forum Generasi Berencana Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2018-2019.

Selanjutnya Ketua UKM Medicalstudent Research Centre (MRC) BEM KM FK Unand 2020-2021. Kemudian menjadi Koordinator Komisi 2 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional BAPIN ISMKI 2020-2021.

Refa juga menyampaikan, dirinya juga memiliki motto hidup yang spirit bagi dia untuk terus prestasi dirinya.

"Memang dalam hidup ini memang harus dimotivasi, ini sesuai dengan motto saya "Sesungguhnya di Balik Kesulitan Ada Kemudahan"," kata Refa Rahmaddiansyah.

Komentar