DLH Segera Pasang Kubus Apung

Metro-52 hit 29-01-2020 13:15
Tumpukan sampah di pantai padang. (Dy)
Tumpukan sampah di pantai padang. (Dy)

Penulis: Administrator | Editor:

Padang, Arunala - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang berencana akan memasang kubus apung di sejumlah aliran sungai guna antisipasi tumpukan sampah bermuara ke pantai.

Kepala DLH Kota Padang Mairizon, menyatakan pada 2020 ini Pemko Padang melalui DLH menganggarkan pemasangan kubus apung pada tiga titik sungai Batang Arau. Ini bertujuan untuk mengurangi permasalahan yang sama di masa yang akan datang, pada tahun ini merupakan upaya meminimalisir jumlah sampah yang sampai ke laut, dengan menjerat sampah tersebut dan langsung diangkut ke TPA," kata

Mairizon, di Padang, Rabu (29/1)

Baca Juga

Tahap awal, lanjut Mairizon, kubus apung akan dipasang di dua lokasi, yaitu kawasan Gurun Laweh dan Palinggam.

Diperkirakan, pemasangan kubus apung itu akan menghabiskan anggaran sekitar Rp500 juta. "Prosesnya melalui tender, saya perkirakan pemasangan kubus apung tersebut bulan Mei 2020," jelas Mairizon lagi.

Menurut dia pemasangan kubus apung membantu menahan sampah dari hulu sebelum masuk ke hilir sungai.

"Setelah tertahan, sampah-sampah tersebut selanjutnya dikeruk untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah,"pungkas dia.

Ia menyatakan, tumpukan sampah berada tepi pantai Padang berasal hulu sungai.

"Pada saat debit curah air hujan tinggi, pasang naik air laut membantu "memuntahkan" sampah tersebut dari laut ke tepi pantai," ujar Mairizon. (dyz)

Komentar