BIGstar, Jalan RSUP M Djamil Menuju Pusat Riset

Teknologi-251 hit 23-09-2021 15:35
Dr dr Dovy Djanas SpOG (K), Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M Djamil sekaligus inisiator inovasi BIGstar, Kamis (23/9). (Dok : Istimewa)
Dr dr Dovy Djanas SpOG (K), Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M Djamil sekaligus inisiator inovasi BIGstar, Kamis (23/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - RSUP M Djamil Padang meluncurkan inovasi fasilitas penelitian Big Data in Support of Analytical Research (BIGstar).

Inovasi yang diinisiasi Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr dr Dovy Djanas SpOG (K) ini diharapkan memberikan kemudahan bagi peneliti mendapatkan data penelitian yang mudah, akurat dan terpercaya. Serta menjadi jalan bagi RSUP M Djamil menjadi pusat riset.

"Inovasi BIGstar RSUP M Djamil ini menjawab tantangan serta kebutuhan sekaligus bersinergi dengan prinsip pengembangan rumah sakit ke depan. Serta menjadi contoh atau role model bagi rumah sakit pendidikan lainnya," kata Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan (PKR) Kemenkes RI dr Siti Khalimah SpKJ MARS, saat Seminar dan Peluncuran BIGstar melalui kanal Youtube RSUP Dr M Djamil, Kamis (23/9).

Baca Juga

Tidak sekadar peluncuran BIGstar, juga diadakan seminar yang menghadirkan enam narasumber yang expert di bidangnya. Dan, rektor sejumlah perguruan tinggi.

Melalui inovasi BIGstar, dapat menjadi salah satu penggunaan teknologi informasi dan strategi komunikasi untuk melengkapi sistem pengelolaan data yang konvensional.

Selain itu, potensi penggunaan big data atau analytic besar untuk mengisi kesenjangan dan mendukung penelitian akan terintegrasi.

"Keseluruhan sistem informasi data ini akan membentuk suatu ekosistem penelitian yang membantu dan memudahkan peneliti. Sesuai dengan moto aplikasi yaitu valid, mudah dan terpercaya," sebut Siti Khalimah.

Siti Khalimah berharap dengan inovasi BIGstar dapat membawa perubahan yang signifikan khususnya dalam penyelenggaraan penelitian berbasis data di RSUP Dr M Djamil.

"Serta akan memicu inovasi-inovasi lainnya yang mendorong RSUP M Djamil Padang semakin baik secara internal insititusi dan eksternal memberikan pelayanan terhadap masyarakat," harapnya.

Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang Dr dr Yusirwan Yusuf SpB SpBA (K) MARS mengatakan dengan kehadiran inovasi BIGstar, pihaknya sudah membuat perencanaan membangun sebuah gedung yang memberikan pelayanan riset dan laboratorium.

"Sekaligus mengembangkan juga tissue bank, satu-satunya di wilayah Barat dan menjadi rujukan center excellent untuk stem cell," ungkapnya seraya mengatakan pihaknya juga akan menjajaki kerja sama dengan laboratorium perguruan tinggi yang ada di Sumbar.

Dengan adanya inovasi BIGstar ini, sebut Yusirwan, RSUP M Djamil sudah melangkah satu langkah ke depan.

"Diharapkan makin banyak penelitian-penelitian yang terpublish di jurnal internasional minimal Q2 Scopus. Dengan demikian, RSUP M Djamil akan menjadi pusat riset baik skala nasional maupun Asia Tenggara," tekad Yusirwan.

Sementara Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr dr Dovy Djanas SpOG (K) mengatakan keuntungan inovasi BIGstar, data yang tersedia dalam jumlah besar hingga ribuan. "Jumlah data yang kami kumpulkan dari bulan Januari sampai Agustus 2021 mencapai 12 ribuan," sebutnya.

Kemudian, sebut Dovy, penyediaan data tinggal ekstraksi via download data pada dashboard.

"Dan, ekstraksi data cepat dan tepat serta tidak perlu mengakses dokumen medis secara langsung karena dokumen medis rahasia," papar Ketua POGI Sumbar ini seraya mengajak untuk aktif meneliti demi kemajuan RSUP Dr M Djamil dan menjadi pusat riset nasional. (*)

Komentar