LPPNU Sumbar Siap Kembangkan Sektor Pertanian Sumbar

Ekonomi-217 hit 13-10-2021 18:53
Ketua LPPNU Sumbar, Irwandi S,Pi, MM bersama Wagub Sumbar, Audy Joinaldy sesuai audensi di ruang kerja wagub, Rabu siang (13/10). (Dok : Istimewa)
Ketua LPPNU Sumbar, Irwandi S,Pi, MM bersama Wagub Sumbar, Audy Joinaldy sesuai audensi di ruang kerja wagub, Rabu siang (13/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sektor pertanian di Sumatera Barat (Sumbar) jadi fokus pengembangan bagi Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Sumbar.

Pengembangan ini bertujuan untuk menjadikan sektor pertanian itu mampu berkembang sehingga bisa menggerakkan kembali perekonomian masyarakat.

"Untuk mewujudkan hal itu, pihak LPNU Sumbar ini, kami lalu audensi dengan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dengan tujuan agar program pengembangan sektor pertanian yang kami gagas dapat dukungan Pemprov Sumbar," kata ketua LPPNU Sumbar, Irwandi S,Pi, MM kepada Arunala.com di Padang, Rabu (13/10).

Baca Juga

Sebenarnya, lanjut Andi, keinginan bertemu dengan Wagub Sumbar itu telah direncanakan beberapa waktu lalu, namun baru tadi siang (Rabu, red) bisa terwujud.

Kedatangan dirinya bersama Sekretaris Dr Yenni Oktavia S.Pi MSi, dan Bendahara Fikri Irsyadi Ilham SE MM, serta Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Padang, Guswardi yang juga tokoh bidang pertanian dari organisasi Muhammadiyah Sumbar.

Dia menambahkan, tujuan dari pertemuan itu, agar ada bentuk sinergitas antara pusat dan daerah terkait pengembangan sektor pertanian ini.

"Apalagi saat ini beberapa orang menteri yang ada di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini berasal dari NU. Jadi ini peluang bagi kami dan Pemprov Sumbar untuk pengembangan sektor pertanian itu, makanya dukungan dari pemprov jelas cukup penting," ujar Andi lagi.

Penuturan Andi, dari hasil pantauan dan observasi lembaganya di berbagai daerah pertanian di Sumbar mendapati masih ada keluhan masyarakat yang dapatnya di sektor pertanian ini.

"Keluhan yang kami himpun itu mulai dari pengadaan pupuk untuk pertanian dan perkebunan, ketersediaan bibit dan benih ikan, ketersediaan pakan ternak, hingga hal lainnya yang terkait sektor pertanian," tukas Wakil Rektor II Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumbar ini.

Di sisi lain, Irwandi menyebutkan, dari pertemuan dirinya dengan Wagub Sumbar itu, langkah koordinasi yang dibuat bisa berjalan.

Sebab, ulasnya, saat ini berbagai program bantuan dari pusat bisa dikerjakan di daerah asalkan ada koordinasi dari pemerintah daerah, dan kemudian difasilitasi melalui kepala dinas yang terkait dengan program pusat tersebut.

Tidak sebatas itu, keinginan LPPNU Sumbar bahwa dengan adanya dukungan pemerintah daerah (pemda) dan koordinasi yang intens, dapat membuka peluang investasi di sektor pertanian ini, misalnya adanya pembangunan pabrik pakan ternak atau lainnya di Sumbar ini.

"Dengan begitu, kebutuhan pakan ternak untuk masyarakat bisa disuplai dari dalam daerah saja," harap Irwandi.

Komentar