Audy Joinaldy Minta Dukungan Anggota DPD RI Sumbar

Metro- 18-10-2021 13:26
Anggota DPD RI asal Sumbar, Alirman Sori beri sambutan saat pertemuan dengan para OPD di Pemprov Sumbar, Senin (18/10). (Foto : Arzil)
Anggota DPD RI asal Sumbar, Alirman Sori beri sambutan saat pertemuan dengan para OPD di Pemprov Sumbar, Senin (18/10). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Empat orang anggota DPD RI asal Sumatera Barat (Sumbar) berdiskusi dengan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sumbar di auditorium gubernuran, Senin (18/10).

Dalam diskusi empat anggota DPD RI itu yakni Emma Yohanna, Muslim M Yatim, Leonardy Harmainy serta Alirman Sori itu dihadiri langsung Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dan Sekprov Hansastri.

Audy Joinaldy dalam pembukaan diskusi bersama OPD dengan anggota DPD RI itu menyebutkan bahwa Sumbar cukup berharap dengan adanya dana perimbangan dari pusat.

Baca Juga

"Pasalnya, Sumbar ini sangat minim dapat alokasi dana dari pusat, untuk sektor infrastruktur, misalnya bidang cipta karya, konstruksi, PSAD, permukiman dan lainnya," kata Audy.

Dirnya menerangkan salah satu pembangunan infrasturktur yang butuh dukungan dana pusat adalah pembuatan fly over Sitinjau Lauik.

"Total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan fly over itu sekitar Rp1,4 triliun. Makanya, dengan keberadaan anggota DPD RI yang kunker hari ini (Senin red), setidaknya bisa membantu Sumbar untuk mendapatkan alokasi dana lebih besar lagi dari pusat," harap Audy.

Meski saat ini, sambungnya, Pemprov Sumbar juga sudah mengusulkan anggaran untuk pembangunan mega proyek itu kepada menteri bersangkutan, tapi dukungan anggota DPD RI asal Sumbar juga sangat dibutuhkan.

Kemudian, hal lain disampaikan Audy adalah menyangkut UU No.11/2020 tentang Cipta Kerja yang kini diberlakukan.

Sebab menurut Audy, sangat minim keterlibatan pihak pemprov dalam penerapan UU Cipta Kerja, mengingat keberadaan UU ini lebih banyak dijalankan pemko dan pemkab.

"Akibatnya hal itu melambatnya proses birokrasi di Sumbar, terlebih menyangkut persoalan yang terjadi pada perusahan yang bisa mempengaruhi iklim investasi di Sumbar," kata Audy Joinaldy.

Sedangkan Alirman Sori mewakili anggota DPD RI yang hadir saat itu dengan OPD di Pemprov Sumbar ini menyampaikan kedatangan mereka ini untuk lakukan diskusi dengan Pemprov Sumbar dan OPD-nya, dalam rangka kunjungan kerja (kunker) ke dapil selama satu bulan ini.

"Dengan masa reses ini, kami berharap banyak hal yang bisa didiskusikan dengan pemprov dan OPD ini," ujar Alirman Sori.

Sebenarnya, lanjut Alirman Sori, sudah 10 hari dia bersama tiga anggota DPD berada di Sumbar.

Selama di Sumbar telah lakukan beberapa kegiatan di sejumlah tempat baik dengan pemerintah daerah maupun masyarakat setempat.

"Sedangkan pertemuan kami dengan Pemprov Sumbar dan para OPD-nya, tidak lain ingin dapatkan masukan dan informasi yang ada di Sumbar, dan hal ini nantinya akan jadi bahan pembicaraan kami dengan para menteri nantinya," kata Alirman Sori.

Komentar