Puluhan TKI Digiring ke Tempat Isolasi

Metro-381 hit 23-04-2020 16:10
Petugas pos penjagaan sedang memeriksa para penumpang Bus yang bawa 123 TKI, Kamis pagi (23/4) sekitar pukul 09.00. (Foto : Dyz)
Petugas pos penjagaan sedang memeriksa para penumpang Bus yang bawa 123 TKI, Kamis pagi (23/4) sekitar pukul 09.00. (Foto : Dyz)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Tim pos penjagaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) daerah Garegeh, Bukittinggi, Sumatera Barat menghentikan bus diduga membawa tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia.

"Petugas pos menghentikan bus bernomor polisi (Nopol) N 7643 AU serta No Pol K 1438 BB yang diduga membawa puluhan TKI dari Malaysia," kata Wakapolres Bukittinggi, Kompol Sumintak ketika dihubungi Arunala.com , Kamis siang (23/4)

Menurut Sumintak, penghentian bus rombongan TKI tersebut dilakukan setelah dapat informasi akan ada puluhan TKI dari Malaysia itu ingin pulang kampung ke wilayah Sumbar dan Jambi.

Baca Juga

"Kedua bus yang membawa puluhan TKI itu dihentian petugas di pos PSBB daerah Garegeh, Kota Bukittinggi," ungkap dia lagi.

Bus pertama tujuan Sumbar dan bus kedua tujuan Jambi. Total semua sekitar puluhan orang penumpang bus. "Bus rombongan TKI tersebut digiring ke tempat isolasi balai Diklat Provinsi Sumbar di daerah Baso, Kabupaten Agam didampingi petugas dari gugus tugas Covid-19 Bukittinggi," jelas Sumintak.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Yandra Ferry menyatakan tim gugus Covid-19 telah membawa sebanyak 99 orang penumpang bus rombongan TKI dari Malaysia.

"Rombongan TKI tersebut sudah diisolasi di Balai Diklat Sumbar daerah Baso Kabupaten Agam," kata dia.

Menurut dia, dari keterangan rombongan, jumlah TKI pulang dari Malaysia jumlah 123 orang.

"Ada 24 orang TKI sudah turun di Kabupaten Limapuluh, jadi yang diisolasi di Balai Diklat Baso," ungkap dia.

Bus tersebut disewa dari Dumai tujuan Terminal Bukittinggi, nantinya rombongan TKI berangkat kembali ke daerah tujuan masing-masing dari Bukittinggi dengan bus tujuan daerah masing-masing TKI seperti Bukittinggi, Agam, Pasaman, Padang.

"Dua bus membawa rombongan TKI tersebut telah kembali ke Dumai, nantinya dipantau setiap pos PSBB yang dilewati sampai tujuan Dumai," imbuh Yandri. (dyz)

Komentar