Chief Relsas Yogica Latih Guru SMA 1 Batipuh

Edukasi- 29-10-2021 11:28
Chief Relsas Yogica bersama tim saat beri pelatihan artikel ilmiah pada guru-guru SMA 1 Batipuh, (16/10) lalu. (Dok : Istimewa)
Chief Relsas Yogica bersama tim saat beri pelatihan artikel ilmiah pada guru-guru SMA 1 Batipuh, (16/10) lalu. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Chief Editor Atrium Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang (UNP), Relsas Yogica M.Pd bekerja sama dengan beberapa dosen lainnya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kampus itu berikan pelatihan dan workshop kepada guru yang ada di SMA 1 Batipuh, Kabupaten Tanahdatar, Sabtu (16/10) lalu.

Pelatihan yang diberikan Relsas Yogica bersama Dr rer. nat. Deski Beri, M.Si, Dodi Vionanda, M.Si, Ph.D, serta Dr (cand) Hary Sanjaya, M.Si serta Zamahsary Martha, M.Si dan Afridon itu berbentuk penulisan artikel ilmiah dan cara submit artikel pada berbagai jurnal sesuai bidang ilmu para guru di SMA itu.

"Dengan adanya pelatihan dan workshop ini diharapkan akan memberikan motivasi bagi guru itu untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan selalu menghasilkan karya tulis. Karya tulis tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi pribadi dan instansi," kata Relsas Yogica kepada Arunala.com , di Padang, Jumat (29/10).

Baca Juga

Dia mengaku cukup berharap dengan adanya pelatihan tersebut makin menambah wawasan, atau pengetahuan serta motivasi khususnya guru-guru SMA 1 Batipuh dalam melahirkan karya tulis.

Relsas Yogica menambahkan, kegiatan pelatihan itu mereka laksanakan pada Sabtu itu dimulai pukul 10.00 WIB, dengan diawali penyampaian materi dari Dr. rer. nat. Deski Beri, M.Si. yang bertemakan Penelitian dan Publikasi Ilmiah untuk guru sekolah menengah atas.

Dalam paparannya, Deski Beri menjelaskan secara detail alasan mengapa guru harus melakukan penelitian, komponen artikel ilmiah dan standar penulisannya, serta jenis-jenis penelitian yang dapat dilakukan oleh guru dan bentuk publikasi yang bisa dicapai.

Selanjutnya pada sesi diskusi dilanjutkan oleh Dodi Vionanda, M.Si., Ph.D., dengan bahasan yang tak kalah menarik, yaitu tentang cara menganalisis data ilmiah untuk publikasi, pendekatan-pendekatan dalam analisis data, perbandingan kesamaan populasi, hubungan antar variabel, cara menyajikan data dalam bentuk grafik, dan jenis pengujian data yang tentu saja semuanya diperuntukkan untuk menambah informasi bagi guru dalam menulis artikel ilmiah.

Sementara itu, Kepala SMA 1 Batipuh, Edison didampingi guru-guru lainnya menegaskan, kegiatan yang digelar Relsas Yogica dan kawan-kawannya tersebut tentu sangat bermanfaat bagi guru-furu di SMA 1 Batipuh.

"Dalam kegiatan latihan itu banyak hal positif yang kami dapatkan dan kami pelajari , khususnya dalam melahirkan sebuah karya tulis. Untuk itu atas nama SMA 1 Batipuh, kami mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi atas kegiatan yang sudah di gelar di sekolah kami ini," kata Edison.

Dia juga berharap akan ada lagi kegiatan-kegiatan serupa. Dan tang lebih penting lagi kegiatan tersebut tentu saja akan membantu guru - guru kami yang akan naik pangkat.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan mengajak seluruh guru untuk menulis artikel ilmiah dan dapat diterbitkan pada terbitan khusus bulan Januari 2022 nanti di atrium Pendidikan Biologi UNP.

Komentar