KI Sumbar Tinjau Kesiapan PPID Solok Selatan

Metro- 15-11-2021 14:42
Tim visitasi KI Sumbar berdialog dengan Sekkab sekaligus Atasan PPID Utama Solsel, Senin (15/11). (Dok : Istimewa)
Tim visitasi KI Sumbar berdialog dengan Sekkab sekaligus Atasan PPID Utama Solsel, Senin (15/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Solok Selatan, Arunala - Tahun ini, PPID Kabupaten Solok Selatan (Solsel) masuk dalam lima nominator penilaian PPID terbaik di Sumbar tahun 2021.

Ini dibuktikan dengan datangnya tim visitasi Komisi Informasi (KI) Sumbar yang dikoordinir Ketua Monev sekaligus Komisioner KI Sumbar bidang Kelembagaan,Tanti Endang Lestari bersama Adrian Tuswandi dan dua staf lainnya di kabupaten itu, Senin (15/11).

Kedatangan tim visitasi ini langsung disambut Bupati Solsel, Khairunas di ruang kerjanya bersama Wabup Yulian Efi, dan Sekkab Solsel, Syamsurizarldi yang juga merupakan Atasan PPID Utama di kabupaten itu.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu, Khairunas menyampaikan bila kabupatennya ingin predikat terbaik dalam penilaian Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diadakan KI Sumbar ini.

"Penilaian sebelumnya, Solsel masuk lima besar penilaian Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, tapi di tahun ini kami maunya nomor satu untuk kategori kota kabupaten di tahun ini," kata Khairunas.

Menurut dia, rasa optimistis yang diutarakannya itu berangkat prinsip melaksanakan UU 14 Tahun 2008 di kabupatennya.

"Untuk masalah keterbukaan informasi publik itu, harus nyaman bagi masyarakat dan kami secara total akan melaksanakan amanat keterbukaan informasi publik itu di kabupaten ini," yakin Khairunas.

Sementara Tanti Endang Lestari mengapresiasi Pemkab Solsel k yang tahun ini penilaian PPID-nya alami peningkatan.

"Masuk lima besar, Solok Selatan mengalami lonjakan luar biasa tahun ini. Apalagi tentang komitmen Pak Bupati dan Pak Wabup serta Pak Sekdanya," ujar Tanti.

Sedangkan Sekkab Solsel, Syamsurizaldi menegaskan pihaknya akan lebih menggenjot kerja keterbukaan informasi publik di kabupatennya.

"Pak bupati baru dilantik, saya juga baru menjabat, namun dengan kerja keras hasilnya kami masuk nominasi KI Sumbar. Tentu ini akan lebih melecut kami untuk mengaplikasikan keterbukaan informasi publik di Solsel ini," ujar Syamsurzaldi.

Komentar