Genius Paparkan Rencana Pembangunan dengan Bappenas

Metro- 29-04-2021 18:36
Wako Genius Umar saat diskusi soal pelaksanaan program pembangunan di Kota Pariaman dengan pihak Bappenas RI, Kamis (29/4). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar saat diskusi soal pelaksanaan program pembangunan di Kota Pariaman dengan pihak Bappenas RI, Kamis (29/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar diskusi bersama dengan Sekretaris Utama Bappenas RI, Himawan Hariyoga Djojokusumo,Deputi Bidang Sarana Prasarana Bappenas, Josaphat Rizal Primanaserta Direktur Infrastruktur Wilayah I Bappenas,bertempat di Ruangan Sekretaris UtamaKementerian PPN/Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (29/4).

Diskusi yang dilakukan menyangkut perencanaan makro dan mikro Kota Pariaman dari pembangunan Infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM, perkembangan pariwisata, waterfront city, konsep pengembangan kota, kota jasa.

Sekretaris Utama Bappenas RI, Himawan Hariyoga Djojokusumo mengatakan pemerintah pusat mendukung Pemko Pariaman dalam merealisasikan program pusat di bidang dalam bidang pariwisata dan ekonomi, ketahanan pangan dan perikanan, di Kota Pariaman itu.

Baca Juga

"Kota Pariaman telah melakukan pengembangan pariwisata, water front city, revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman. Sinkronisasi program ini sangat penting bagi pusat dan daerah dalam rangka percepatan pembangunan di indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Genius melaporkan Kota Pariaman telah mengaplikasikan beberapa program nasional di Kota Pariaman, seperti pengembangan pariwisata, revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman dan water front city.

Program ini butuh dukungan penuh dari pemerintah pusat sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kota tersebut.

"Semuanya mendapat tanggapan, masukan dan arahan positif dari pejabat Bappenas. Doakan semoga semuanya lancar," harapnya.

Setelah pertemuan itu, dilanjutkan dengan audiensi teknis dengan Deputi Bidang Sarana Prasarana Bappenas, Josaphat Rizal Primana.

Dalam hal ini, Rizal menyampaikan kepada Genius akanmembentuk tim khusus untuk percepatan Renstra nasional di daerah. Ia berjanji setelah lebaran Idul Fitri 2021 tahun ini ke Kota Pariaman untuk membicarakan hal teknis lainnya.

Hasil audiensi ini akan mendorong kementerian terkait lainnya untuk melaksanakan programnya di Kota Pariaman. (*)

Komentar