Akselerasikan Transformasi Digital BUMN dan UMKM Tanah Air

Teknologi- 24-11-2021 14:04
Dirut Telkomsel, Hendri Mulya Syam saat bicarakan Telkomsel Sinergi untuk Negeri
Dirut Telkomsel, Hendri Mulya Syam saat bicarakan Telkomsel Sinergi untuk Negeri", yang berlangsung secara virtual, Selasa (23/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Jakarta, Arunala - Telkomsel menggelar kegiatan "Telkomsel Sinergi untuk Negeri", yang berlangsung secara virtual selama 22 November - 31 Desember 2021. Telkomsel berupaya mengakselerasi transformasi digital yang menyeluruh dan berkelanjutan di lingkungan BUMN, anak usaha BUMN serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia yang berada di bawah binaan Rumah BUMN maupun Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM).

Tentunya dengan menghadirkan pemanfaatan ragam solusi platform dan layanan digital yang berada di ekosistem Telkomsel.

"Telkomsel yang merupakan bagian dari perusahaan BUMN TelkomGroup terus berupaya menjalankan perannya sebagai agen pembangunan dan enabler bagi seluruh elemen bangsa. Telkomsel Sinergi untuk Negeri hadir sebagai bentuk upaya kami dalam memperkenalkan solusi dan layanan digital di ekosistem Telkomsel yang terintegrasi, andal dan komprehensif untuk membantu akselerasi transformasi digital di lingkungan BUMN dan UMKM secara berkelanjutan dalam pengembangan bisnis yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Baca Juga

Sedangkan Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah menambahkan, pandemi turut mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju transformasi digital tujuh tahun lebih cepat.

TelkomGroup menangkap ini sebagai peluang dan ruang untuk mentransformasi digital secara menyeluruh, khususnya UMKM sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia.

TelkomGroup meyakini bahwa digitalisasi akan membawa peluang yang sangat besar bagi bangsa untuk dapat meningkatkan daya saing secara cepat dan efisien di berbagai bidang. Seperti ekonomi, edukasi, kesehatan dan lainnya, sehingga pada akhirnya Indonesia dapat melompat atau sejajar dengan negara maju dunia lainnya dalam waktu yang singkat.

"Dengan hadirnya program Sinergi untuk Negeri ini, TelkomGroup berharap dapat menjadi lokomotif bagi BUMN, Pemerintah dan masyarakat, khususnya UMKM dalam mentransformasi digital yang mencakup seluruh sektor industri di Indonesia melalui beragam solusi digital terdepan. Inisiatif ini merupakan bentuk inovasi dengan tekad agar produk digital TelkomGroup lebih dikenal dan solusinya dapat dirasakan masyarakat," katanya.

Ririek Adriansyah menambahkan, TelkomGroup akan terus menghadirkan inovasi digital terbaru sebagai bagian dari komitmen kami dalam mendukung Indonesia menjadi lebih baik dan menjadi kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Menteri BUMN RI, Erick Thohir yang hadir membuka acara Telkomsel Sinergi untuk Negeri mengatakan, Covid-19 menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai bidang, baik dalam kehidupan masyarakat maupun Industri.

"Dengan hadirnya Industri 4.0, memberikan peluang yang besar, namun sekaligus menjadi tantangan untuk Indonesia, kita semua harus memastikan bahwa talenta-talenta Indonesia siap untuk mengisi lapangan kerja baru di era industri 4.0," ujarnya.

Erick Thohir menyebutkan, pasar Indonesia sangatlah besar, oleh karena itu transformasi digital di lingkungan BUMN saat ini merupakan sebuah keharusan.

"Kita harus menjadi tuan rumah di negara kita sendiri, termasuk sektor Industri maupun teknologi dan digital, dimana semua digunakan untuk pertumbuhan bangsa," ujar Menteri BUMN ini.

Erick Thohir berharap dengan adanya kegiatan Sinergi Untuk Negeri ini, dapat menjadi sarana pengenalan teknologi dan produk terbaru kepada masyarakat luas yang dimiliki oleh BUMN, khususnya Telkom dan Telkomsel.

"Dengan begitu, transformasi digital yang dilakukan dapat membawa kemajuan dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," pungkas Erick Thohir.

Telkomsel Sinergi untuk Negeri merupakan virtual expo yang hadir dengan tiga program utama, yakni Virtual Exhibition, Virtual Sales Program, dan Webinar. (*)

Komentar