LBH Gugat Keterbukaan Informasi Publik Polda Sumbar

Metro- 22-10-2021 13:39
Majelis sidang KI mendengarkan penjelasan LBH Padang dan Polda Sumbar terkait sidang sengketa informasi publik, Jumat (22/10). (Dok : Istimewa)
Majelis sidang KI mendengarkan penjelasan LBH Padang dan Polda Sumbar terkait sidang sengketa informasi publik, Jumat (22/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menggugat Polda Sumbar tentang keterbukaan informasi menyangkut rincian dan realisasi dana hibah Covid-19, ke Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Gugatan yang dilayangkan LBH Padang itu ke Polda Sumbar ini diketahui saat KI Sumbar gelar sidang sengketa informasi publik dua belah pihak ini di ruang sidang KI, Jumat (22/10).

Sidang kali ini dipimpin Majelis Komisioner KI Sumbar, Arif Yumardi didampingi anggota Adrian Tuswandi dan Tanti Endang Lestari dengan mediator Nofal Wiska serta panitera pengganti Tiwi Utami.

Baca Juga

Sidangan dengan agenda pemeriksaan awal tentang kompetensi relatif dan kompetensi absolut, legal standing para pihak dan jangka waktu permohonan informasi.

Dalam sidang itu, Ketua Majelis Arif Yumardi mempertanyakan alasan LBH Padang memperkarakan penggunaan dana Covid-19 di Polda Sumbar tersebut.

"Atas dasar apa pemohon ingin mengetahui penggunaan dana Covid-19 di Polda. Selanjutnya digunakan untuk apa informasi tersebut," tanya Arif.

Kuasa LBH Padang menerangkan alasan mereka mempertanyakan dana Covid-19 tersebut adalah untuk memastikan dana tersebut terealisasi dengan baik dan tepat sasaran.

Mereka menjelaskan, sebelumnya LBH telah menyampaikan permohonan informasi publik melalui surat bernomor 91/SK-E/LBH-PDG/VI/2021 kepada Polda Sumbar cq Pejabat Pengelola Informasi dan Data pada 1 Juni lalu. (*)

Komentar