Asril S Datuk Putih Diusulkan KPU sebagai Calon PAW

Metro- 15-12-2021 17:53
Anggota KPU Pessel, Yon Baiki sesuai rapat pleno penepatan calon PAW dari Partai NasDem di DPRD setempat, Rabu (15/12). (Foto : SNM)
Anggota KPU Pessel, Yon Baiki sesuai rapat pleno penepatan calon PAW dari Partai NasDem di DPRD setempat, Rabu (15/12). (Foto : SNM)

Penulis: Snm

Painan, Arunala - Surat usulan DPRD Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tentang penggantian antar waktu (PAW) atas nama Almasri S,SH dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) ke KPU Pessel ditindaklanjuti oleh lembaga penyelenggara ini.

KPU Pessel kemudian menetapkan pengusulan Asril S Datuk Putih sebagai calon pengganti Almasri S,SHdalam rapat pleno yang diselenggarakan Rabu (15/12)) pukul 10.00 WIB di kantornya.

"Sebagai mana diketahui anggota DPRD Pessel atas nama Almasri S,SH meninggal dunia pada Kamis (4/3) lalu. Kemudian partai bersangkutan mengajukan calon PAW kepada DPRD Pessel untuk diproses," kata Anggota KPU Pessel, Yon Baiki kepada media di ruang kerjanya setelah rapat pelno digelar.

Baca Juga

DPRD Pessel kemudian, lanjutnya, menggirimkan surat Partai NasDem itu ke KPU kabupaten ini dan diterima beberapa hari lalu yang isinya menyangkut nama PAW dari Almasri S,SH.

"Dalam surat ini, calonnya juga berasal dari Dapil Pessel 3 (Sutera-Lengayang) dan juga memperoleh suara sah urutanberikutnya dalam daftar perolehan suara partai politik pada Dapil yang sama," jelas Yon Baiki.

Dia mengatakan, penetapan calon PAW atas nama Asril S Datuk Putih itu dilakukan KPU sesuai PKPU No.6 Tahun 2019 tentang Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dia menambahkan, begitu hasil rapat pleno ditetapkan untuk PAW itu, KPU segera menggembalikan hasil penetapan itu kepada DPRD Pessel dan selanjutnya diteruskan ke pemkab. Setelah itu, pihak pemkab menyampaikannya ke Gubernur Sumbar untuk menentukan jadwal pelantikan PAW ini.

"Mengenai hasil penetapan kami itu, sudah diserahkan ke DPRD Pessel begitu rapat pleno selesai dilaksanakan," kata Yon Baiki.

Komentar