Danlanmal II Padang Tinjau Monumen TNI AL di Pariaman

Metro- 15-12-2021 16:08
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono bersama Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin saat meninjau monumen TNI AL di kawasan Muaro Pantai Gandoriah, Selasa (14/12) kemarin. (Dok : Istimewa)
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono bersama Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin saat meninjau monumen TNI AL di kawasan Muaro Pantai Gandoriah, Selasa (14/12) kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono, lakukan monitoring di Kota Pariaman, Selasa (14/12).

Kegiatan yang dilakukan Danlantamal II Padang bersama rombongan itu dalam rangka kunjungan kerja dan silaturrahmi dengan Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan juga Wakil Wali Kota, Mardison Mahyuddin.

Endra Sulistiyono merupakan Danlantamal yang barumenggantikan Laksamana Pertama TNI Hargianto yang memasuki pensiun pada 2 November 2021 lalu.

Baca Juga

Dalam monitoring lapangannya, Danlantamal ini meninjau langsung monumen TNI AL yang terletak di kawasan Muaro Pantai Gandoriah yang dilengkapi dengan tank perang dan meriamnya.

Melihat monument itu, Endra Sulistiyono mengungkapkan rasa bangganya atas upaya Pemkot Pariaman yang mampu mempertahankan nilai historis dan sejarah perjuangan TNI AL dalam upaya mempertahankan NKRI pada zaman perang.

"Ini menjadi penghargaan dan penghormatan kepada para pejuang kemerdekaan RI yang gugur dalam upaya mempertahankan kemerdekaan pada zamannya. Semoga hal ini menjadi sebuah catatan sejarah dan pembelajaran bagi generasi muda Indonesia khususnya Kota Pariaman," ungkapnya kepada Wawako Mardison yang mendamping Endra Sulistiyono meninjau monument TNI AL di Pariama itu.

Ia juga melihat beberapa perencenaan pengembangan potensi kemaritiman yang ada di kota itu termasuk melihat lokasi penempatan kapal perang TNI AL KRI Teluk Ratai 509 yang telah dihibahkan ke Pemko Pariaman untuk dijadikan museum AL di kota tersebut

Sedangkan Mardison Mahyuddin, menyampaikan ucapan terimakasih dan berharap pihak Danlantamal II Padang dan TNI-AL mendukung penuh upaya Pemko Pariaman mengembangkan potensi maritim dan menjadi nilai wisata dan edukasi bagi generasi muda bangsa ini.

"Pemko Pariaman telah siapkan beberapa program, dan pembebasan lokasi dan perencanaan pembangunan yang akan dijadikan lokasi tempat bersandarnya kapal perang KRI Teluk Ratai 509 di kawasan Pauh Barat, sehingga ini akan menjadi upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat," tutup Mardison.

Komentar