Mendagri Instruksikan Percepatan Vaksinasi

Metro- 17-12-2021 15:23
Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin saat rakor bersama Mendagri soal target vaksinasi dan realisasi anggaran 2021 di gubernuran,  Jumat (17/12).  (Dok : Istimewa)
Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin saat rakor bersama Mendagri soal target vaksinasi dan realisasi anggaran 2021 di gubernuran, Jumat (17/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Dipimipin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin bersama kepala daerah lainnya di Sumbar ikuti rapat koordinasi (rakor) percepatan penanggulangan Covid-19 dan vaksinasi di auditorium Gubernur Sumbar, Padang, Jumat (17/12).

Rakor ini bertujuan menyatukan langkah dan strategi percepatan vaksinasi dan realisasi penyerapan anggaran daerah TA 2021 guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah.

Sekaligu memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi penyerapan anggaran daerah TA 2021, termasuk informasi beberapa pemda yang realisasi pendapatannya rendah atau di bawah rata-rata.

Baca Juga

Dalam rakor itu, Tito menekankan agar kepala daerah serius dalam percepatan penyerapan anggaran yang ada, sehingga pertumbuhan ekonomi dari uang yang beredar di masyarakat dapat dirasakan langsung oleh mereka.

"Penyerapan anggaran baik belanja daerah maupun untuk penanggulangan Covid yang masih rendah, agar segera dikebut, apalagi saat ini sudah pertengahan Desember, harus maksimal, " ujar Tito.

Terkait vaksinasi, mantan Kapolri ini juga menekankan agar kabupaten dan kota serta Pemprov Sumbar, angkanya masih rendah. Untuk itu sampai akhir tahun 2021, ditargetkan mencapai minimal 70 persen.

"Untuk Sumbar dan 19 kabupaten kota yang ada disini, dalam sisa waktu dua minggu ini, harus bisa mencapai minimal 70 persen. Ini tugas kepala daerah, dan bagi kepala daerah yang tidak hadir untuk menyikapi hal ini," tukasnya.

Sementara itu Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan untuk Kota Pariaman saat ini sudah mencapai 58,95 persen, atau sebanyak 44.009 orang warganya yang sudah divaksin.

"Saat ini, kami juga sedang menginstruksikan kepada setiap kepala desa dan lurah yang ada di Kota Pariaman untuk melaksanakan vaksinasi di tiap desa dan kelurahan, " ungkapnya.

Mardison juga menerangkan kotanya juga menargetkan vaksiansi jelang akhir Desember 2021 ini dapat mencapai minimal 70 persen, sehingga Herd Imunity yang ditargetkan, dapat diwujudkan di Kota Pariaman.

Komentar