Parpol Harus Akuntabel dalam Kelola Keuangan

Metro- 10-12-2021 15:22
Wawako Mardison Mahyuddin saat membuka bimtek pengelolaan bantuan keuangan parpol di salah satu hotel di Bukittinggi, Jumat (10/12). (Dok : Istimewa)
Wawako Mardison Mahyuddin saat membuka bimtek pengelolaan bantuan keuangan parpol di salah satu hotel di Bukittinggi, Jumat (10/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Pengurus partai politik (parpol) diminta harus menguasai proses admistrasi, dan pembuatan laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan parpol secara akuntabel.

Penegasan ini disampaikan Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat membuka bimbingan teknis tata kelola bantuan keuangan bagi parpol se Kota Pariaman 2021, yang digelar Kantor Kesbangpol Kota Pariaman di salah satu hotel di Kota Bukittinggi, Jumat (10/12).

Apa yang disampaikan Mardison itu merujuk pada Permendagri No.78 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri No.36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam APBD, dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Baca Juga

"Bimtek tentang pengelolaan keuangan partai politik bagaimana mengajarkan pengurus parpol tentang pengetahuan dan ketelitian parpol dalam mengelola anggaran yang diberikan pemerintah bisa dilaksanakan secara efektif dan tanggung jawab," kata Mardison.

Selain itum sebutnya dengan bimtek ini bisa sejalan dengan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.

"Saya berharap agar pengurus parpol dapat menggunakan dana bantuan keuangan ini dengan berpedoman pada aturan yang berlaku," tukas Mardison lagi.

Dirinya yang juga Ketua DPP Partai Golkar Kota Pariaman menyampaikan, setiap partai yang dibentuk harus sesuai dengan persyaratan peraturan perundang-perundangan dengan berlandaskan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pariaman, A Nusirwan mengatakan bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengurus parpol dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan mengenai bantuan keuangan.

Bimtek digelar selama tiga hari dimulai Kamis (9/12) hingga Sabtu (11/12), sedangkan pesertanya dari beberapa pengurus partai di Kota Pariaman, terdiri dari unsur ketua, sekretaris, bendahara dan ataf administrasi yang berkompeten di bidang keuangan.

Komentar