BPS Siapkan Program Satu Data Pesisir Selatan

Metro- 22-12-2021 18:12
Kepala BPS Pessel, Yudi Yos Elvin saat konsultasi dengan Kadis Kominfotik Pessel, Junaidi di Kantor dinas tersebut, Selasa (21/12) kemarin. (dok : Istimewa)
Kepala BPS Pessel, Yudi Yos Elvin saat konsultasi dengan Kadis Kominfotik Pessel, Junaidi di Kantor dinas tersebut, Selasa (21/12) kemarin. (dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) siap membantu pemkab setempat dalam mewujudkan Satu Data Pesisir Selatan. Program satu data ini akan menghimpun seluruh data sektoral dari OPD dan Nagari di kabupaten itu.

Hal itu dikatakan Kepala BPS Pessel, Yudi Yos Elvin saat konsultasi teknis dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Pessel serta di Kantor dinas tersebut, Selasa (21/12) kemarin.

"BPS sebagai pembina data statistik, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) siap membrikan pembinaan dan pendampingan kepada OPD dan desa/nagari di Pessel ini," ucap Yudi Yos Elvin kepada Kadis Diskominfotik Pessel, Junaidi didamping stafnya hari itu.

Baca Juga

BPS, lanjut Yos, berperan sebagai pembina, Bappedalitbang sebagai koordinator dan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai wali data dalam program ini akan bersinergi mewujudkan atau menyajikan aplikasi Satu Sata Pesisir Selatan.

"Program ini nantinya akan direalisasikan pada kegiatan Penandatangan pernyataan komitmen bersama Satu Data Pesisir Selatan dan Focus Group Discussion (FGD) pada Selasa (28/12) nanti dengan narasumber dari Diskominfotik, Bappedalitbang dan BPS," kata Yos lagi.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh peserta Kepala OPD dan penanggungjawab data di seluruh nagari di kabupaten ini.

Komentar