AP II BIM Serahkan Tiga Becak Motor

Metro- 22-12-2021 20:05
EGM AP II BIM, Siswanto bersama para wali nagari setelah pemyerahan becak motor di Kantor KAN Kasang, Rabu (22/12). (Foto : Arzil)
EGM AP II BIM, Siswanto bersama para wali nagari setelah pemyerahan becak motor di Kantor KAN Kasang, Rabu (22/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala -- Jelang tutup tahun 2021 ini, PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mengelantorkan dana community development atau CSR perusahaannya dalam bentuk bantuan becak motor untuk pengangkut sampah yang merupakan program dari bina lingkungan.

Tiga lokasi yang dapat bantuan dana CSR itu masing-masing Nagari Kasang, dan Nagari Buayan Kabupaten Padangpariaman, dan Kelurahan Batipuah Panjang, Kota Padang. Masing-masing tempat ini letaknya dekat dengan kawasan Bandara BIM.

ExecutiveGeneral Manager (EGM) AP II BIM, Siswanto menyebutkan penyerahan bantuan bina lingkungan dari program CSR AP II BIM ini merupakan bentuk prograk tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup dari perusahaannya bagi warga sekitar.

Baca Juga

"Sebagai BUMN, sesuai visi misinya juga punya tanggung jawab untuk memperhatikan keadaan yang ada di sekitar perusahaan. Hal itu lalu kemudian diaplikasikan dalam bentuk penyerahan bantuan diantaranya menyerahkan becak motor untuk sampah bagi tiga lokasi itu," kata Siswanto kepada Arunala.com seusai penyerahan bantuan CSR itu, di Kantor KAN Kasang, Padangpariaman, Rabu (22/12).

"Perlu diketahui, BIM merupakan pintu masuknya Sumbar melalui jalur udara. Dalam satu hari tidak kurang ada 10 org pejabat pusat yang datang ke Sumbar, itu potretnya awalnya ada di Bandara," ucap Siswanto.

Untuk itu, Siswanto sangat mengharapkan kebersihan di Bandara perlu dijaga. Soalnya selain para pejabat pusat, yang datang ke Sumbar juga tamu lain melalui BIM, mulai dari pelaku bisnis, calon investor, bahkan juga turis.

"Bisa dibayangkan, jika para tamu mendapati kondisi Bandara tidak bersih maka asumsi awal para tahu itu, kondisi Sumbar juga tidak jauh beda dengan keadaan di Bandaranya, padahal kita tahu Sumbar sedang getol-getolnya mengembangkan sektor pariwisata," tukas Siswanto lagi.

Makanya dengan ada bantuan becak motor untuk sampah itu, Siswanto berharap bantuan itu bisa berguna dan men-support kegiatan kebersihan di lingkungan warga setempat, termasuk menjadi kebersihan kawasan Bandara.

Siswanto melanjutkan, selama tahun 2021 ini, dana CSR yang diberikan kepada masyarakat capai ratusan juta rupiah. Untuk kegiatan Bina Lingkungan (BL), nilai mencapai Rp760 juta yang diperuntukan untuk kegiatan bedah rumah, pembangunan rumah ibadah, pembangunan fasilitas umum hingga penanamkan pohon mangrove, pemberian becak motor untuk sampah dan lainnya.

"Sedangkan pengucuran dana untuk kemitraan selama 2021 itu, mencapai Rp600 juta untuk 35 mitra binaan yang ada di BIM ini," kata Siswanto.

Sedangkan Wali Nagari Kasang, Dasman mengatakan, becak motor untuk sampah yang diterima pihak nagarinya akan digunakan untuk mengangkut sampah yang berada di kawasan sekitar Bandara.

"Itu dilakukan agar kawasan Bandara selalu bersih, mengingat penjelasan Pak EGM AP II BIM bahwa kawasan Bandara ini jadi pintu gerbang masuk Sumbar, jadi kebersihannya periu dijaga," kata Dasman.

Komentar