Majelis Taklim Diajak Pahami 4 Pilar MPR secara Komprehensif

Metro- 23-12-2021 14:54
Anggota MPR unsur DPD RI, Alirman Sori saat sosialisasikan 4 Pilar MPR kepada anggota majelis taklim Masjid Raya Pahlawan Lumpo, Pesisir Selatan (Pessel), Rabu malam (22/12). (Dok : Istimewa)
Anggota MPR unsur DPD RI, Alirman Sori saat sosialisasikan 4 Pilar MPR kepada anggota majelis taklim Masjid Raya Pahlawan Lumpo, Pesisir Selatan (Pessel), Rabu malam (22/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Anggota MPR dari unsur DPD RI, Alirman Sori secara kontinu menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR kepada sejumlah kelompok masyarakat.

Kali ini sosialisasi yang identik pembangunan karakter kebangsaan dan bernegara itu diberikan Alirman Sori kepada majelis taklim Masjid Raya Pahlawan Lumpo, Pesisir Selatan (Pessel), Rabu malam (22/12) kemarin.

Alirman Sori menyampaikan pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi merupakan peluang dan sekaligus tantangan yang hadapi bangsa di dunia, termasuk Indonesia yang merupakan bagian dari bangsa di dunia.

Baca Juga

"Kemajuan ilmu dan teknologi telah merubah gaya hidup dan perilaku manusia antar bangsa dunia. Selain mempengaruhi gaya hidup juga merubah perilaku baik secara internal maupun secara eksternal," kata Alirman Sori dihadapan peserta sosialisasi itu.

Menurutnya, tantangan eksternal ke depan yang tengah dihadapi bangsa saat ini adalah tingginya intensitas intervensi asing dalam pengambilan kebijkan nasional.

Hal ini, sebut dia, dapat merugikan negara dan bangsa. Kemudian dalam penyampaian sosialisasi 4 Pilar MPR itu, Alirman Sori tak lupa mengingatkan peserta untuk terus meningkatkan kapasitas diri untuk dapat beradaptasi dengan perubahan global.

"Selain itu, transisi revolusi industri 4.0 menuju 5.0 (civil society) juga akan mempengaruhi perilaku kebangsaan. Setiap perubahan pasti akan mempengaruhi lingkungan strategis," ujar Alirman Sori lagi.

Filterisasi dampak kemajuan dunia global dan Iptek, ungkap Alirman Sori adalah 4 Pilar Kebangsaan (MPR RI) yaitu Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Dikatakannya, 4 Pilar MPR RI sebagai filterisasi, karena 4 pilar ini mengandung nilai-nilai filosofis dan prinsip yang mendasar dalam penyelenggaraan berbangsa dan bernegara.

"Kandungan yang terdapat dalam 4 Pilar sangat substantif memuat hal-hal yang esensial dalam bermasyarakat, berbangsa dan negara. Dan nilai-nilainya hidup menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang sangat relevan," tukasnya.

Untuk itu, Alirman Sori mengajak semua peserta mendalami dan melaksanakan pilar kebangsaan MPR RI dengan memperbanyak literatur dan referensi bacaan sehingga dapat memahami secara lebih dalam dan komprehensif.(*)

Komentar