Alirman Sori: Kementerian Terkait Harus Buka Rekrutmen Baru

Metro- 05-01-2022 06:43
Dua Anggota DPD RI, Alirman Sori dan Emma Yohana saat kunjungan ke Dinas Kehutanan Sumbar, Selasa siang (4/1). (Dok : Istimewa)
Dua Anggota DPD RI, Alirman Sori dan Emma Yohana saat kunjungan ke Dinas Kehutanan Sumbar, Selasa siang (4/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Dua anggota DPD RI asal Sumbar, Alirman Sori dan Emma Yohana dibuat prihatin dengan cukup terbatasnya jumlah personel Polisi Kehutanan yang dimilik Dinas Kehutanan Sumbar saat ini.

Selain itu, ada kekhawatiran dari dua anggota DPD RI asal Sumbar itu tentang upaya pencegahan ancaman terhadap kerusakan hutan di Sumbar akan terabaikan.

Penjelasan kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi, menyebutkan jumlah personel Polisi Kehutanan yang dimilik Pemprov Sumbar saat ini sangat tidak ideal lagi.

Baca Juga

"Jumlah personel kami hanya 95 orang dan itupun sudah usia rata-rata 50 tahun ke atas. Sementara hutan Sumbar luasnya 1.521.260 hektare (ha), maka ancaman "lost control" kawasan hutan dari Dinas Kehutanan Sumbar cukup besar," ungkap Yozarwardi saat menerima kunjungan kerja (reses) anggota DPD RI, Alirman Sori dan Emma Yohana, di aula kantor itu, Selasa siang (4/1).

Yozarwardi menjelasnya, areal hutan Sumbar seluas 1,5 juta ha lebih itu terdiri hutan HL, HPT, HP dan HPK yang jadi kewenangan pengawasan Dinas Kehutanan Sumbar.

"Idealnya luas hutan 1,5 juta lebih harus dijaga oleh 300 personil Polisi Kehutanan, sementara rekrutmen penambahan personil tidak ada," tukas Yozarwardi lagi.

Sementara, Alirman Sori yang mendengarkan penjelasan Kadis itu mengakui cukup prihatin, karena kuatir upaya pencegahan ancaman terhadap kerusakan hutan di Sumbar terabaikan.

"Saya bersama Uni Emma Yohana, akan mendesak Kementerian Kehutanan dan LH untuk dapat melakukan rekrutmen penerimaan CPNS Polhut yang merupakan tenaga teknis yang memerlukan keahlian khusus di bidang kehutanan," ujar Alirman Sori.

Senator Alirman Sori dan Emma Yohanna, juga memberikan apresiasi ditengah keterbatasan fasilitas dan anggaran yang dimiliki oleh Dinas Kehutanan Sumbar, tapi prestasi kerja sebagai wujud pengabdian dinas ini mendapatkan berbagai penghargaan dalam pengelolaan hutan.

"Sungguh suatu keniscayaan dan diluar dugaan ditengah keterbatasan tapi semangat kerja tidak menurun, ini bukti bahwa rasa tanggungjawab atas pengabdian tidak mengenal keterbatasan, saya salut," kata Alirman Sori.

Komentar