Anak ABK Butuh Kepercayaan Diri untuk Berkembang

Metro- 17-01-2022 23:04
Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Sumbar, Besti Nora Dwi Putri M.Pd.,Kons bersama orang tua dan anak ABK di sela kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Rabu (12/1). (Dok : Istimewa)
Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Sumbar, Besti Nora Dwi Putri M.Pd.,Kons bersama orang tua dan anak ABK di sela kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Rabu (12/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) bukan hal yang mudah bagi orang tua manapun. Makanya perhatian orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang mereka.

Dengan begitu orang tua perlu belajar memahami dan mendampingi, agar mereka selalu percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Bagi Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Sumbar, Besti Nora Dwi Putri M.Pd.,Kons, pengetahuan keluarga khususnya orang tua dalam memahami kondisi anak berkebutuhan khusus sangat penting dimiliki.

Baca Juga

"Itu lah yang menjadi alasan saya, memberikan edukasi dan pemahaman bagi orang tuadalam mengoptimalkan peran dan tanggung jawab mereka secara proaktif terhadap ABK dalam kehidupan sehari-hari dimana anak-anak yang berada di sekolah ini adalah termasuk anak ABK," kata Besti Nora Dwi Putri kepada Arunala.com , Minggu (16/1).

Dia mengatakan, edukasi yang diberikan kepada orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus itu merupakan bentuk tanggungjawabnya masyarakat.

"Ini merupakan tugas saya sebagai dosen yang tidak terlepas dari Tridharma Perguruan Tinggi dimana salah satu isi dari Tridharma tersebut adalah dosen wajib untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat," ujar Besti lagi.

Dia menyampaikan, kegiatan pengabdian yang bertema "Resiliensi Dukungan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus" itu dilaksanakannya di Yayasan Tiji Salasabila Padang pada Rabu (12/1) lalu.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap bisa memberikan motivasi kepada orang tua khususnya yang memiliki anak ABK dalam membangun resilieni diri dan bagaimana pula orang tua mampu memberikan dukungan terhadap anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus," kata Besti Nora Dwi Putri.

Komentar