14 Lulusan Saga Saja Temui Genius Umar

Edukasi- 18-01-2022 18:21
Para lulusan program Saga Saja setelah beraudensi dengan Wako Genius Umar, Selasa sore (18/1). (Dok : Istimewa)
Para lulusan program Saga Saja setelah beraudensi dengan Wako Genius Umar, Selasa sore (18/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sebanyak 14 orang lulusan Politeknik Negeri Padang (PNP) programSatu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) asal Kota Pariaman, beraudiensi dan mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Pariaman, Genius Umar di ruang rapat wali kota, Selasa sore (18/1).

Mereka ini adalah lulusan perdana program Saga Saja yang berasal dari kampus PNP, dimana program ini digagas Genius Umar ketika masih menjabat Wakil Wali Kota Pariaman.

"Kedatangan kami menghadap pak wali kota ini, adalah mengucapkan terimakasih karena yang awalnya kami merasa tidak akan dapat mengecap bangku kuliah. Dengan program Saga Saja ini, kami akhirnya dapat menempuh kuliah yang semua biayanya ditanggung Pemko Pariaman," ujar salah seorang lulusan PNP, M Aqil Majid saat audensi itu.

Baca Juga

Dirinya juga mengatakan, mereka yang lulusan program Saga Saja, memang mempunyai beban moril dan tanggung jawab terhadap kelulusan, diantaranya mendapatkan pekerjaan untuk membantu keluaga mereka lepas dari kemiskinan, sesuai dengan tujun program Saga Saja itu.

"Sebagai fresh graduate, kami selalu berupaya untuk dapat memperoleh pekerjaan di perusahaan yang sesuai dengan bidang keahlian kami, dan juga lamaran pekerjaan yang kami kirimkan tersebut tidak hanya untuk perusahaan yang ada di Sumbar, namu juga di luar Sumbar," terangnya.

Sementara itu, Putri Ramadhani lulusan D3 Admistrasi Bisnis yang juga dapat program Saga Saja mengungkapkan bagaimana kiatnya menjadi wirausahawan. Dengan modal yang seadanya, dirinya merintis membuat brand makanan ringan khas Pariaman, Karupuak Baguak (emping melinjo).

"Karupuak baguak (emping melinjo, red) ini saya bungkus dengan kemasan yang menarik dan sudah mendapatkan label halal dari MUI, dan mempunyai beberapa varian rasa, dan Alhamdulillah, usaha saya ini digemari oleh kalangan muda dan bisa bersaing dengan produk-produk kekinian lainnya," ungkapnya.

Putri berharap usaha home industry yang dikelolanya ini bisa berjalan lancar dan disukai masyarakat, dan dapat berkembang lebih besar lagi, sehingga usaha UMKM miliknya ini bisa bersaing dengan usaha modern lainnya, ucapnya.

Audiensi lulusan PNP program Saga Saja ini juga didampingi langsung Direktur PNP, Surfa Yondri beserta jajaran, dan beberapa perwakilan industri yang ada di Sumbar, Kepala Bank Nagari Pariaman Ibnu Supriadi, Ketua Baznas Pariaman, Zalman Zaunit dan jajaran, serta beberapa kepala OPD di Kota Pariaman.

Komentar