Pemko Pariaman Kirimkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa

Metro- 26-02-2022 16:08
Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan rombongan melihat dapur umum yang siapkan pemko untuk para korban selamat di tempat penampungan di Pasbar, Sabtu (26/2). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan rombongan melihat dapur umum yang siapkan pemko untuk para korban selamat di tempat penampungan di Pasbar, Sabtu (26/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Banyaknya korban akibat gempa bumi 6,1 magnitudo yang menguncang Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Kabupaten Pasaman, Jumat pagi (25/2) kemarin, menggugah kepedulian Pemko Pariaman.

Kota yang dipimpin Genius Umar langsung bereaksi cepat dengan mengirimkan bantuan kemanusian berupa sembako kepada para korban yang selamat dari gempa di dua kabupaten itu.

Bersama Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Aziz dan sejumlah OPD, Genius Umar langsung mengantarkan bantuan itu, dan diterima oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi di rumah dinasnya, Sabtu (26/2).

Baca Juga

"Penyerahan bantuan ini merupakan langkah gerak cepat yang kami lakukan pascagempa yang melanda Pasbar.

Bantuan ini berasal dari pemko dan juga Polres Pariaman," kata Genius kepada Hamsuardi.

Adapun bentuk bantuan sembako yang diberikan Pemko Pariaman berupa 320 dus mie instan, 1,3 ton beras, selimut 200 helai, terpal sebanyak 20 lembar, 20 buah tikar plastik, 4 box makanan siap saji dan 10 helai karpet Arab.

Sementara dari Polres Pariaman memberikan sembako berupa beras sebanya 870 kg, mie instan 110 dus dan air mineral kemasan sebanyak 150 dus.

"Ini salah satu bentuk empati kami di Pemko Pariaman yang juga merasakan duka masyarakat di Pasbar dan sekitarnya, karena Kota Pariaman juga merupakan salah satu kota yang rawan bencana," sambung Genius Umar.

"Gerak cepat pemberian bantuan ini melibatkan seluruh OPD dilingkungan Pemko Pariaman karena duka Pasbar kabupaten juga duka kita bersama," tambahnya.

Bupati Pasbar, Hamsuardi mengaku terharu atas bantuan yang diterimanya hari itu.

"Alhamdulilah, dan terima kasih banyak kami ucapkan kepada Pemko Pariaman dan Polres-nya yang sigap mengantarkan bantuan sembako ke Pasbar bahkan mendirikan dapur umum untuk warga yang terkena dampak bencana gempa di Kabupaten Pasaman Barat, " ungkapnya.

Saat ini kondisi warga di Pasbar masih trauma akibat bencana gempa. Ini terlihat jelas dengan mereka masih memilih bertahan di tenda pengungsian dan takut kembali ke rumah masing-masing.

"Bantuan ini segera kami salurkan karena mereka semua sangat membutuhkan. Tidak hanya bantuan yang diberikan, kami juga bertukar fikiran tentang bagaimana cara cepat menanggapi bencana ini sehingga trauma pada masyarakat bisa segera hilang dan mereka kembali pada aktivitas sehari-hari yang akan membuat perekonomian bangkit, " tutup Hamsuardi.

Usai serahkan bantuan, Genius Umar dan rombongan juga melihat langsung kondisi korban yang ada di tenda-tenda pengungsian tepat di halaman kantor bupati setempat.

Komentar