Kadis Dikbud Pantau Langsung Proses Vaksinasi

Metro- 03-02-2022 14:16
Kadis Dikbud, Anwar bersama Kapolres AKBP M Qori Oktohandoko pantau pelaksanaan vaksinasi anak di SDN 01 Lubuk Alung, Kamis (3/2). (Dok : Istimewa)
Kadis Dikbud, Anwar bersama Kapolres AKBP M Qori Oktohandoko pantau pelaksanaan vaksinasi anak di SDN 01 Lubuk Alung, Kamis (3/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Pelaksanaan sosialisasi secara langsung sekaligus Imunisasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun resmi dimulai Kamis ini, (3/2).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padangpariaman, Anwar bersama Kapolres AKBP M Qori Oktohandoko menyaksikan langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang dilaksanakan perdana di SDN 01 Lubuk Alung.

Tak sekadar menyaksikan, Anwar yang didampingi Kabid SD Hasanuddin juga turut memberikan semangat kepada anak-anak yang akan diimunisasi Covid-19.

Baca Juga

Mulai dari berbincang dan pendekatan lainya untuk menenangkan anak-anak agar tidak menangis saat disuntik.

Anwar menyebutkan sosialisasi ini bertujuan untuk melakukan pendekatan kepada anak dan wali murid sehingga mereka paham dan mengerti tentang manfaat dari imunisasi Covid-19 ini.

"Sehingga nanti kita harapkan dalam pelaksanaannya tidak ada lagi halangan dan tantangannya sebagaimana harapan bupati bagaimana anak-anak usia 6-11 tahun ini bisa divaksin seluruhnya khusunya di Padangpariaman dan dapat meningkatkan imun anak untuk menghadapi virus ini," terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, anak-anak yang akan di imunisasi pertama harus ada izin orang tua. Kemudian sebelum dilakukan penyuntikan yang bersangkutan diperiksa dan dipastikan tidak ada penyakit lain yang jadi kontradiksi dan sebelum di imunisasi dilakukan dulu screening oleh tenaga kesehatan.

"Seandainya masih ada orang tua yang belum paham yang belum memberikan izin, tentunya ini menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk selalu meyakinkan dan memberikan pemahaman yang positif yang baik sehingga dapat diharapkan anak-anak mau divaksin," jelas Anwar lagi.

Ia berharap dukungan dari seluruh pihak terkait untuk dapat sama-sama menyukseskan kegiatan sosialisasi dan imunisasi ini.

Dia juga mengharapkan partisipasi seluruh tenaga pendidik dan orang tua murid serta masyarakat pada umumnya untuk ikut membantu pelaksanaannya hingga 3 bulan ke depan.

"Hingga 2 sampai 3 bulan ke depan, dimohon dukungan dan partispasi semua pihak," harapnya. Tampak juga hadir menyaksikan Camat Lubuk Alung, Din Franata Dion, Kepala SDN 01 Lubuk Alung, Qori Agustin, tenaga kesehatan dari Puskesmas Lubuk Alung serta wali murid. (*)

Komentar