Keakuratan Data Penting bagi Pembangunan Daerah

Metro- 16-02-2022 18:05
Sekkab Rudy Rilis serahkan penghargaan pada instansi terbaik dalam pelayanan dan respon tercepat pengisian data Kabupaten Padangpariaman Dalam Angka, Rabu (16/2). (Dok : Istimewa)
Sekkab Rudy Rilis serahkan penghargaan pada instansi terbaik dalam pelayanan dan respon tercepat pengisian data Kabupaten Padangpariaman Dalam Angka, Rabu (16/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Pentingnya dukungan data yang akurat untuk pembangunan, jadi topik penting yang dibicarakan pada Focus Group Discussion (FGD), yang diadakan BPS Padangpariaman, di salah satu hotel di Lubuk Alung, Rabu (16/2).

Bahkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis juga menekankan agar setiap OPD, instansi vertikal, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, rumah sakit, dan perusahaan swasta yang ada di kabupaten agar bisa memberikan data yang akurat.

"Soalnya, hal itu sangat berhubungan erat dengan pelaksanaan penyusunan publikasi Padangpariaman Dalam Angka 2022," kata Rudy dalam FGD tersebut.

Baca Juga

Dia menerangkan, pembangunan tanpa didukung dengan ketersediaan data yang baik cendrung akan kurang tepat sasaran, yang juga menyebabkan pemborosan anggaran.

Menurutnya, data yang berkualitas sangat diperlukan untuk menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan, dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Hal ini, sambung Rudy, sesuai dengan UU No.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Kemudian lagi dia menyebut, melalui data yang akurat dan up to date, pemerintah daerah akan dapat menentukan arah dan kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan.

Selain itu katanya lagi, juga dapat menjadi barometer untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan. Dia berharap, seluruh peserta melakukan konsolidasi data, sehingga data yang akan diterbitkan nanti valid dan tepat waktu.

"Data yang valid tapi kadaluarsa, tidak akan banyak artinya untuk mendukung keberhasilan program pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman yang kita cintai ini," tegas Rudy.

Sedangkan Kepala BPS Padangpariaman, Joni Suryadi menyampaikan, FGD ini adalah kegiatan rutin tiap tahunnya dan diformat secara khusus dalam upaya evaluasi dan perbaikan ke depan bagi kegiatan penyusunan publikasi Kabupaten Padangpariaman Dalam Angka.

"Saya berharap FGD ini bisa membahas semua permasalahan dalam pengumpulan data, serta menyepakati waktu pelaksanaan yang baik. Agar penyajian publikasi Kabupaten Padangpariaman Dalam Angka kedepannya dapat terlaksana lebih berkualitas dan tepat waktu," kata Joni Suryadi.

Komentar