Komisi 1 DPRD Sumbar Plototi Capaian Kinerja OPD Tahun 2021

Metro- 04-01-2022 14:29
Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Nurnas yang pimpin rapat evaluasi kinerja OPD selama 2021, di ruang rapat gedung dewan, Selasa (4/1). (Dok : Istimewa)
Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Nurnas yang pimpin rapat evaluasi kinerja OPD selama 2021, di ruang rapat gedung dewan, Selasa (4/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi I DPRD Sumbar menindaklanjuti agenda Bamus dengan menggelar rapat evaluasi program yang dilaksanakan Pemprov Sumbar selama 2021 kemarin.

Rapat evaluasi yang dilakukan Komisi 1 bersama mitra kerjanya dari pihak pemprov membidangi hukum dan pemerintahan diadakan di gedung dewan, Selasa (4/1).

Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Muhammad Nurnas yang memimpin rapat tersebut menyebutkan, rapat kali ini memfokuskan soal serapan anggaran OPD mitra kerja Komisi I.

Baca Juga

"Berapa serapan yang sudah dilaksanakan para OPD, jika kecil apa penyebab dan kendalanya, kemudian solusinya seperti apa agar serapan bisa optimal," ujar Nurnas saat rapat itu.

Di era dulu, sebut Nurnas, realisasi serapan APBD mencapai 80 persen, namun kenyataannya jumlah itu masih saja jadi catatan.

"Misalnya di era kepemimpinan Gubernur Irwan Prayitno, target realisasi itu 95 persen, kalau di bawah itu pasti kena catatan oleh IP, kalau Pak Gubernur sekarang saya belum tahu berapa target realisasi beliau," ujar Nurnas lagi.

Mendapati pertanyaan serupa itu, Asisten I Setprov Sumbar, Devi Kurnia mengatakan untuk saat ini sudah 95 persen lebih capaian realisasi APBD dari 16 OPD dikoordinir Asisten I.

"Bahkan ada yang capaiannya 100 persen seperti Dukcapil, Satpol PP ada banyak lainnya," kata Devi Kurnia. Rapat evaluasi yang diadakan hari itu, juga beberapa kepala biro di Setprov Sumbar, dinas terkait serta KPID serta Komisi Informasi Sumbar.

Komentar