KI Sumbar Bekerja Sesuai UU KIP

Metro- 09-03-2022 14:23
Majelis komisioner KI Sumbar saat menggelar siding di kantor KI, Rabu (9/3). (Dok : Istimewa)
Majelis komisioner KI Sumbar saat menggelar siding di kantor KI, Rabu (9/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kinerja Komisi Informasi (KI) Sumbar dalam menjalankan kewenangan diberikan UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Terkait sidang sengketa memang menjadi keharusan bagi kami di KI Sumbar untuk ditangani dan diselesaikan. Buktinya, hari ini ada tiga agenda sidang sengketa dan satu rapat majelis terkait putusan sengketa digelar KI Sumbar," ujar Komisioner KI Sumbar bidangi Penyelesaian Sengketa Informasi Publik, Adrian Tuwandi, di kantornya, Rabu (9/3).

Sidang sengketa awal antara Darmansyah dengan PLN UP3 Padang, sidang kedua antara Azmal Aziz, dan sidang ketiga pukul 14.00 WIB antara LSM PKN dengan DPRD Tanahdatar.

Baca Juga

Sementara penjelasan panitera pengganti, Tiwi Utami menyebutakan untuk sidang pertama diketuai Adrian Tuswandi, agendanya pemeriksaan awal.

"Selanjutnya sidang antara Azmal. Aziz dengan LLDIKTI 10, agendanya tentang pembuktian yang diketuai majelisnya Arif Yumardi, sedangkan sidang ketiga ketuanya Pak Adrian," ujar Tiwi Utami.

Untuk rapat majelis komisioner itu dilakukan terkait sengekta soal CSR PLN dengan pemohon Leon Agusta Indonesia.

Persidangan sengketa informasi di KI Sumbar tetap berlangsung dengan semangat menyelesaikan dengan prinsip win-win solution.

"Semangat penelesaian sengketa informasi publik adalah win win solution, tidak ada menang dan kalah. Ini memberi warning ke badan publik bahwa ketertutupan informasi publik tidak eranya lagi," ujar Arif Yumardi.

Komentar