Alirman Sori Desak Pemerintah Berangus KKB

Metro- 28-03-2022 12:19
Anggota DPD RI, Alirman Sori kecam tindakan KKB yang dinilai sudah ganggu kedaulatan negara. (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI, Alirman Sori kecam tindakan KKB yang dinilai sudah ganggu kedaulatan negara. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Perlahan tapi pasti, kesuma anak bangsa yang mengabdi sebagai prajurit rakyat, satu persatu gugur ditangan KKB Papua.

Rasa duka selalu menyelimuti keluarga korban TNI-Polri akibat hantaman senjata mesin yang dimiliki oleh KKB secara ilegal. Baru-baru ini,KKB pimpinan Egianus Kogoya menyerang pos Satgas Mupe Yonif Marinir-3 yang berada di Kwareh Bawah, Kennyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Serangan tersebut menyebabkan Letda M Iqbal meninggal dunia yang merupakan komandan pos Satgas Mupe Yonif Marinir-3 yang berada di Kwareh Bawah, Kennyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Baca Juga

Makin meningkatnya konstelasi keamanan di Papua, membuat Anggota DPD RI, Alirman Sori angkat bicara dan mendesak agar pemerintah bertindak tegas secara terukur agar korban tidak berjatuhan secara terus-menerus, baik di pihak TNI/Polri maupun KKB.

"Langkah-langkah persuasif yang telah dilakukan selama ini sudah cukup memberikan ruang kepada pihak pemberontak bersenjata seperti KKB," kata Senator Alirman Sori, melalui pesan Whatapps yang diterima Arunala.com Senin siang (28/3).

Dia menilai, kelompok KKB dalam aksinya selain menyerang TNI/Polri tapi juga menyerang masyarakat sipil yang tidak berdosa cukup menimbulkan korban jiwa, harta dan benda, dan telah mengusik keamanan dan ketentraman kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan Alirman Sori, negara tidak boleh kalah dengan kelompok bersenjata seperti KKB menggunakan senjata tanpa hak.

"Apabila negara kalah dengan kelompok separatis bersenjata akan mengancam kedaulatan negara. Sudah saatnya negara bertindak tegas untuk menghentikan dan menumpas separatis KKB sampai keakar-akarnya, kalau tidak kejahatan akan berlarut dan dapat menurunkan wibawa pemerintah," tukas Alirman Sori.

Menurut Alirman Sori, KKB adalah separatis bersenjata yang dimiliki senjata secara ilegal, tidak boleh dibiarkan berlarut. Misi pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat akan sulit terlaksana karena adanya gangguan keamanan.

"Tantangan kebangsaan yang kita hadapi diantaranya tantangan internal dan tantangan eksternal," tegasnya.

Alirman Sori menerangkan, tantangan internal salah satunya adalah terbentuknya kelompok ekstrim yang mengatasnamakan perjuangan untuk keadilan.

Hal ini harus menjadi perhatian serius pemerintah untuk mengantisipasi segala manuver yang dilakukan untuk dicegah dan ditangkal, sehingga tidak berlarut menjadi kekuatan besar melawan negara.

Alirman Sori juga dengan tegas mengatakan, keberadaan KKB tidak boleh dianggap enteng, karena mereka sudah menyatakan perlawanan kepada negara dengan menggunakan senjata organik dan aksi-aksi mereka sudah menganggu keamanan, bahkan telah menimbulkan korban jiwa dari pihak TNI/Polri dan sipil, untuk itu negara atau pemerintah wajib menumpas perlawanan tersebut.

"Karena KKB sudah menggunakan senjata dalam perlawanannya, sangat wajar diberlakukan operasi militer dalam menumpas KKB secara khusus di locus persembunyiannya," pungkas Alirman Sori.

Komentar