Audy Langsung Tinjau Titik Pengungsian di Pasaman dan Pasbar

Metro- 06-03-2022 10:20
Wagub Audy Joinaldy, didampingi Wabup Pasaman, Sabar AS dan lainnya tinjuan titik pengungsian korban yang terdampak gempa di kabupaten itu, Sabtu (5/3). (Dok : Istimewa)
Wagub Audy Joinaldy, didampingi Wabup Pasaman, Sabar AS dan lainnya tinjuan titik pengungsian korban yang terdampak gempa di kabupaten itu, Sabtu (5/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Pasaman, Arunala -- Titik pengungsian bagi korban terdampak gempa 6,2 SR pada Jumat (25/2) lalu di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman, ditinjau langsung Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Sabtu (5/3).

Dalam peninjuanan itu, ada tiga titik pengungsian yang didatangi Audy bersama Wabup Pasaman, Sabar AS, Sekkab Pasaman Barat, Hendra Putra, dan Kepala Dinas PUPR, Era Sukma Munaf. Masing-masing titik pengungsian di Pasaman itu berada di Nagari Malampah, Nagari Kajai, dan Lubuak Sariak.

Di halaman Posko gempa, Wagub Audy memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada beberapa kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa.

Baca Juga

"Bertahap pak, kami akan mendata semua kerugian yang dialami para pengungsi baik itu di Pasbar dan Pasaman. Insya Allah, kedepan kami bangun kembali rumah-rumah, tempat ibadah, dan sekolah yang rusak karena gempa," ucap Audy kepada salah satu kepala keluarga yang mengungsi di Posko Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman.

"Kami tidak meninggalkan begitu saja Pak, segera kami akan bangun bertahap. Saat ini yang terpenting bapak dan keluarga bisa makan dan tidur dengan nyenyak di posko yang telah disediakan," lanjutnya.

Disamping itu, Audy berharap kepada Dinas PUPR Sumbar agar segera cepat mendata rumah warga yang rusak, agar ganti rugi cepat terealisasikan.

Setelah di Tigo Nagari, Audy juga meninjau kondisi posko di Lubuak Sariak, menurut laporan dari ketua pengungsian di posko itu Elwa Masri, kondisi di posko saat ini sangat memprihatinkan. Aliran listrik lumpuh, sehingga menyulitkan para warga pengungsian.

"Adapun hanya listrik seadanya saja Pak, kami menggunakan genset, atau memakai aliran listrik dari musala dan rumah warga yang ada," lapor Elwa kepada Audy.

Mendengar hal tersebut, Audy langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas PUPR, Era Sukma, untuk segera mengirimkan bantuan listrik ke seluruh posko.

Selain meninjau ke beberapa posko di tiga lokasi tersebut, Audy bersama tim yang dibawanya juga memberikan bantuan berupa makanan berupa rendang, minyak goreng, gula pasir, pakaian, selimut, dan mainan anak-anak untuk para korban gempa.

Menurut laporan BPBD Sumbar, pihak ini sedang melakukan validasi data klasifikasi tingkat kerusakan rumah akibat gempa, data tersebut akan menjadi dasar ganti rugi rumah warga yang rusak akibat gempa.

Komentar