Pemko Pariaman akan Gelar Salat Ied di Lapangan Merdeka

Metro- 11-04-2022 14:26
Asisten I Setko Pariaman, Yaminurizal pimpin rapat persiapan pelaksanaan salat Ied yang akan diadakan di Lapangan Merdeka di kota itu, Senin siang (11/4). (Dok : Istimewa)
Asisten I Setko Pariaman, Yaminurizal pimpin rapat persiapan pelaksanaan salat Ied yang akan diadakan di Lapangan Merdeka di kota itu, Senin siang (11/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: MN. Putra

Pariaman, Arunala -- Pelaksanaan salat Idul Fitri (Ied) 1443 Hijriah/2022 Masehi di Kota Pariaman, sudah ditetapkan lokasinya oleh pemko setempat yakni di Lapangan Merdeka Kota Pariaman.

Keputusan itu diambil setelah rapat penyambutan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) 1 Syawal 1443 H/2022 M.

Rapat yang dipimpin Asisten I, Yaminurizal ini menghadirkan Ketua MUI Kota Pariaman, Syofyan Jamal, Perwakilan Kemenag kota setempat perwakilan Forkopimda, beberapa Kepala OPD dan stakeholder terkait,bertempat di ruang rapat Balaikota Pariaman, Senin siang (11/4).

Baca Juga

Yaminurizal mengatakan, penetapan 1 Syawal menunggu keputusan pemerintah, dan untuk penyelenggaraan salat Idul Fitri, disepakati dilaksanakan di Lapangan Merdeka.

"Telah disepakati bersama, berdasarkan keinginan pimpinan dan juga masyarakat, pelaksanaan salat Ied tahun ini, laksanakan kembali di Lapangan Merdeka. Lapangan ini awalnya adalah sentral masyarakat kota ini beraktivitas," ujarnya.

Ia juga menginstruksikan agar Kabag Kesra segera membuat surat kepada Bupati Padangpariaman untuk permintaan izin pemakaian halaman kantor Pemkab Padangpariaman, karena diyakini masyarakat yang ingin melaksanakan salat Ied akan membeludak.

Terkait cuaca, Yaminurizal menyebutkan hal itu tidak bisa ditebak.

"Bila cuaca tidak mendukung, akan disiapkan masjid-masjid terdekat, dimana ada lima masjid yang bisa menjadi alternatif bila hujan datang," ulasnya.

Dia menambahkan, sebelum memasuki cuti bersama, pihaknya akan turun ke Lapangan Merdeka, yang diikuti semua stakeholder. "Untuk penentuan arah kiblat dan semua pendukung sholat ied nantinya," tutupnya.

Komentar