Genius Minta Kades Baru Bekerja Profesional

Metro- 14-03-2022 13:16
Sertijab Pj Kepala Desa Cubadak Air yang lama, Afwandi kepada yang baru, Sabar Ali disaksikan langsung Walikota Pariaman, Genius Umar di Kantor Desa Cubadak Air, Senin (14/3). (Dok : Istimewa)
Sertijab Pj Kepala Desa Cubadak Air yang lama, Afwandi kepada yang baru, Sabar Ali disaksikan langsung Walikota Pariaman, Genius Umar di Kantor Desa Cubadak Air, Senin (14/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Usai mengambil sumpah dan melantik 18 Kepala Desa Terpilih Periode 2022-2028 pada Pemilihan Serentak Se-Kota Pariaman Tahun 2022 di Aula Balaikota Pariaman, Senin (14/3/2022), Walikota Pariaman, Genius Umar hadir menyaksikan serah terima jabatan (sertijab) Kepala Desa yang dilaksanakan di 3 desa sekaligus yakni Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan, Desa Cubadak Air dan Desa Naras Hilir, Kecamatan Pariaman Utara.

Sertijab tersebut yakni dari Pj. Kepala Desa Toboh Palabah yang lama, Indra Syamsu kepada yang baru, Johni Efendi, kemudian Pj.Kepala Desa Cubadak Air yang lama, Afwandi kepada yang baru Sabar Ali dan Pj.Kepala Desa Naras Hilir yang lama, Alyendra kepada yang baru Mon Hendri bertempat di Kantor Desa masing-masing.

Genius berpesan agar kepala desa terpilih bisa menanggung beban dan tanggungjawabnya kepada masyarakat dan Allah SWT, karena kepala desa telah disumpah 6 tahun untuk memangku jabatannya, maka gunakanlah jabatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga

"Selama enam tahun kedepan, mereka harus bekerja dalam menjalankan tugas dan bertanggungjawab untuk membangun desa yang dipimpinnya ," kata Genius.

"Kades dituntut bekerja secara profesional dalam melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat dan memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa. Ini wajib dilakukan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari," tegasnya.

Selain itu, dikatakannya pula bahwa APBD Kota Pariaman itu jumlahnya sedikit sementara kita harus melakukan percepatan pembangunan didaerah, maka Pemko Pariaman harus menjemput program di semua Kementerian pusat.

Dengan keterbatasan biaya, lanjutnya, Kota Pariaman secara gotong royong melakukan pembukaan jalan baru non budgeter untuk akses jalan bagi masyarakat. "Guna mendukung program water front city di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman telah membuka jalan lingkar selatan disepanjang bantaran Sungai Batang Mangoe sepanjang 7 km dibangun tanpa menggunakan anggaran daerah ," ujar lulusan S3 IPB ini.

Sementara disisi lingkar utara, Kota Pariaman juga telah membuka jalan secara non budgeter di Desa Cubadak Air mulai dari Dusun Baruah Kubu ke Dusun Talang Saga hingga ke Desa Sikapak Barat. Kemudian, mengembangkan kawasan wisata terpadu di sepanjang Pantai Desa Manggung sampai Pantai Desa Padang Biriak Biriak untuk meningkatkan UMKM dikawasan tersebut.

"Kami sangat bersyukur, ternyata masyarakat memiliki semangat gotong royong yang tinggi untuk membangun jalan lingkar ini dan dengan ikhlas menghibahkan tanah miliknya untuk dibuatkan jalan. Semoga tanah yang bapak ibu hibahkan untuk kepentingan bersama ini dapat menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir ke kita ," imbuhnya lagi.

Terakhir Genius sampaikan ucapan terimakasih kepada panitia penyelenggara Pilkades Serentak se-Kota Pariaman Tahun 2022, Babhinsa bersama Bhabinkamtibmas yang telah menjaga keamanan serta semua masyarakat yang telah ikut berpartisipasi mensuskeskan perhelatan tersebut sehingga terpilihlah kepala desa yang luarbiasa ini.

"Saya ucapan selamat kepada Kepala Desa yang baru, semoga mampu menjalankan amanahnya dengan baik, serta dapat membangun desa dan mendukung penuh program Pemko Pariaman ," pungkasnya mengakhiri.

Komentar