Babinsa Koramil 06/KTN Ajak Budidaya Ikan Air Tawar

Ekonomi- 13-04-2022 18:18
Babinsa Surau Gadang, Serka Herwan Helmi saat memantau kondisi kolam ikan air tawar milik masyarakat di Asrama TNI AD Cengkeh itu, Rabu siang (13/4). (Foto : Derizon)
Babinsa Surau Gadang, Serka Herwan Helmi saat memantau kondisi kolam ikan air tawar milik masyarakat di Asrama TNI AD Cengkeh itu, Rabu siang (13/4). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Koto Tangah (KTN), Kodim 0312/Padang lakukan pengolahan ikan air tawar jenis Nila di Asrama TNI-AD Cengkeh Blok A Kelurahan Lubuk Begalung Kecamatan Cengkeh Nan XX.

Cukup mengherankan memang, kenapa Babinsa Koramil 06/KTN di asrama TNI AD Cengkeh itu. Rupanya ada misi yang dilaksanakan di asrama itu.

"Saya ke sini (Asrama Cengkeh, red) melaksanakan pendampingan budidaya ikan air tawar milik masyarakat," kata Babinsa Surau Gadang, Serka Herwan Helmi kepada Arunala.com yang ikut serta dengan Babinsa ini ke Asrama TNI AD Cengkeh itu, Rabu siang (13/4).

Baca Juga

Serka Herwan Helmi menyebut mendatangi kolam budidaya ikan air tawar ini untuk memotivasi warga yang sedang merintis usaha kolam ikan Nila agar lebih bersemangat.

"Di samping melaksanakan monitoring wilayah, saya juga bisa bersilaturahmi dengan warga kita, untuk sekedar bertukar pikiran, sehingga komunikasi yang baik akan selalu terjalin demi terwujudnya kemanunggalan TNI-RAKYAT, " ucap dia.

Serka Herwan Helmi mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan air tawar, sehingga dapat menunjang ekonomi masyarakat.

Pembudidayaan ikan tawar ini sebagai sumber mata pencariannya warga sekitar.

"Kegiatan budidaya ikan air tawar ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang melemah akibat dari pandemi Covid--19," sebut Herwan.

Dia menjelaskan, permintaan ikan terutama ikan air tawar saat ini makin bertambah.

Hal itu membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk melakukan budidaya ikan air tawar di antaranya ikan nila yang sedang diminati pembeli.

"Untuk itu masyarakat agar lebih giat lagi memanfaatkan lahan kosong buat kolam ikan,"ungkap Serma Herwan Helmi.

Dia berharap, agar usaha seperti itu dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, khususnya warga yang belum memiliki pekerjaan dalam meningkatkan perekonomian pendapatan keluarga melalui usaha mandiri.

"Adanya budidaya ikan nila dilakukan Pak Ujang, diharapkan juga bisa menjadi contoh bagi masyarakat yang lain agar memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangannya," imbuh dia.

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Danramil 06/KTN, Kapten Inf Zaimal Candra menyebutkan, apa yang dilakukan Babinsa Serka Herwan Helmi sesuai dengan fungsi Babinsa sebagai pelopor dan pembinaan wilayah serta mendukung program ketahan pangan.

"Koramil 06/KTN melalui Babinsa di lapangan selalu berkoordinasi dengan PPL Dinas Pertanian dan Perikanan dengan mengikuti berbagai macam penyuluhan terkait ilmu tentang pertanian dan perikanan sehingga Babinsa bisa mengimplementasikannya di wilayah binaannya masing masing," sebut Zaimal Candra.

Sedangkan, Pak Ujang pemilik kolam ikan menyebutkan, besar harapan dia agar adanya perhatian maupun dukungan dari pemerintah daerah dalam kegiatan yang telah digerakkan TNI, khususnya Babinsa Langkahan dalam membantu pendapatan masyarakat.

Komentar