Asra Faber Resmi Dilantik jadi PAW Anggota DPRD Sumbar

Metro- 14-04-2022 22:30
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat melantik Asra Faber sebagai PAW anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024, Kamis siang (14/4). (Foto : Arzil)
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat melantik Asra Faber sebagai PAW anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024, Kamis siang (14/4). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Asra Faber resmi dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi PKS untuk sisa periode 2019 - 2024, dalam rapat paripurna DPRD Sumbar yang digelar di ruang sidang utama gedung dewan, Kamis siang (14/4).

Asra Faber dilantik sebagai anggota PAW menggantikan almarhum Rinaldi yang tewas dalam kecelakaan tunggal saat menjalankan tugas pada 25 November 2021 lalu.

"Pelantikan Asra Faber berdasarkan aturan berlaku, dengan memperhatikan pasal 99 ayat 1, peraturan pemerintah Nomor 12, tahun 2018, almarhum Rinaldi telah diusulkan pemberhentian sebagai anggota DPRD Sumbar masa jabatan tahun 2019- 2024," ungkap Ketua DPRD Sumbar, Supardi dalam rapat paripurna itu.

Baca Juga

Supardi menjelaskan, penetapan Asra Faber sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 161: 13: 005 tahun 2022, yang bersangkutan diberhentikan dengan hormat dari anggota DPRD Sumbar.

Selain itu, lanjutnya, DPRD Sumbar melalui Gubernur dengan Nomor surat 165/060/FPP-2022, tertanggal 13 Januari 2022, kemudian mengusulkan Asra Faber sebagai calon pengganti antar waktu.

"Atas pelantikan ini, kami para pimpinan dan anggota DPRD Sumbar mengucapkan selamat datang di DPRD, dan selamat mengabadikan dirinya kepada masyarakat telah memilih dan memberikan amanah sebagai anggota DPRD Sumbar," ujar Supardi lagi.

Dengan dilantiknya Asra Faber, sambung Supardi, maka lengkap kembali anggota DPRD Sumbar menjadi 65 orang.

"Ini tentu memberikan dampak cukup besar kepada kinerja dewan, sejalan dengan semakin berat dan banyaknya tantangan dalam melaksanakan tugas kedewanan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah," tukas Supardi.

Dia bersama anggota dewan yang ada meyakini dan percaya, diharapkan Asra Faber dapat melaksanakan tugas dan amanah diberikan dan memberikan dampak terbaik kepada daerah dan masyarakat Sumbar.

Sebagaimana diketahui, terang Supardi, sesuai usulan fraksi PKS, selanjutnya Asra Faber akan menempati di Komisi III, dan anggota badan musyawarah (Bamus) masa tugas 2022-2024.

Penempatan posisi Arsa Faber di DPRD Sumbar itu, berdasarkan Keputusan DPRD Nomor: 5/SB/2022 tentang keanggotaan komisi-komisi dan keputusan DPRD Nomor: 4/SB/2022 tentang pimpinan dan anggota Bamus," kata Supardi.

Sedangkan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan, Pemprov Sumbar mengharapkan secara aktif melakukan pengawasan sesuai aturan berlaku.

"Selamat berkerja kepada saudara Asra Faber. Semoga Allah memberikan ridho dalam menjalankan tugas dan fungsinya, karena DPRD dan Pemprov Sumbar merupakan penyelenggara daerah harus sejalan untuk pembangunan ke depan," ujar Audy Joinaldy.

Komentar