Buat 8 Tambak untuk Budidaya Udang di Pasia Nan Tigo

Metro- 19-04-2022 09:30
Serka Hendrianto bersama warga RT 04, RW 14 Ujung Batu Kelurahan Pasia Nan Tigo sedang menyelesaikan pembuatan tambak udang di tempat itu, Senin malam (18/4). (Foto : Derizon)
Serka Hendrianto bersama warga RT 04, RW 14 Ujung Batu Kelurahan Pasia Nan Tigo sedang menyelesaikan pembuatan tambak udang di tempat itu, Senin malam (18/4). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Masyarakat yang tinggal di RT 04, RW 14 Ujung Batu Kelurahan Pasia Nan Tigo, Koto Tangah, Padang, membuat tambak udang.

Pembuatan tambak udang itu berkat motivasi Babinsa Koramil 06/KTN Kodim 0312/Padang, dan lahan yang manfaatkan untuk tambak itu merupakan lahan kosong yang ada di lokasi setempat.

"Adanya lahan kosong selain bisa digunakan pertanian, namun juga bisa untuk sektor perikanan seperti buat tambak udang vename," kata Anggota Koramil 06/KTN, Serka Hendrianto kepada Arunala.com , di lokasi tambak, Senin malam (18/4).

Baca Juga

Dalam pembuatan itu, Serka Hendrianto terjun langsung bersama warga setempat, dan ada delapan tambang yang dibuat, dua diantarnya dikelola Babinsa Koramil 06/KTN.

"Saat ini, kami sedang lakukan persiapan pengisian bibit, dan mengadakan evaluasi. Kolam ini kerja sama dengan masyarakat," ujar dia.

Hendrianto menambahkan, ini salah satu program prajurit Koramil 06/KTN membudidayakan udang untuk mencapai ketahanan pangan.

"Kegiatan tersebut merupakan bentuk wujud nyata TNI-AD dalam mensukseskan ketahanan pangan di wilayah," ujar Hendrianto.

Dia menyebutkan, budidaya udang dilakukan untuk memberi motivasi kepada personel Kodim 0312/Padang agar lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan yang kosong menjadi produktif dan bisa menghasilkan bagi prajurit.

"Ini menjadi contoh bagi prajurit yang lain maupun masyarakat sekitar yang mempunyai lahan kosong di sekitar pekarangan rumah dalam menambah penghasilan keluarga," pungkas dia.

Untuk meningkatkan ekonomi warga masyarakat saat ini, lanjutnya, banyak cara yang harus ditempuh dan tidak hanya mengandalkan di sektor pertanian saja.

"Diantaranya dapat dilakukan oleh warga masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada dilingkungan masing-masing, seperti halnya budidaya udang," ujar Serka Hendrianto.

Sementara itu, Plh Danramil 06/KTN, Kapten Inf Zaimal Candra menyatakan, apa yang dilakukan Babinsa Serka Hendrianto sesuai dengan fungsi Babinsa sebagai pelopor dan pembinaan wilayah serta mendukung program ketahanam pangan.

"Selaku Babinsa selalu memberikan ajakan kepada masyarakat di wilayah binaannya agar lahan pekarangan yang masih kosong supaya dimanfaatkan," kata Zaimal Candra.

Komentar