Babinsa Koramil 06/KTN Ajak Warga Giatkan Siskamling

Metro- 29-04-2022 13:26
Peltu Yefrinaldi bersama Bhabinkamtibmas, Aipda Debi Guswandi ajak warga tingkatkan keamanan selama libur Lebaran 2022 ini, Jumat (29/4). (Dok : Istimewa)
Peltu Yefrinaldi bersama Bhabinkamtibmas, Aipda Debi Guswandi ajak warga tingkatkan keamanan selama libur Lebaran 2022 ini, Jumat (29/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Para Babinsa dari Koramil 06/Koto Tangah (KTN), Kodim 0312/Padang, secara kontiniu terus membangun dan meningkatkan komunikasi sosial (komsos) mereka dengan masyarakat pada wilayah kerja mereka.

Kali ini, salah seorang Babinsa dari Koramil 06/KTN, Peltu Yefrinaldi bersama Bhabinkamtibmas, Aipda Debi Guswandi mengajak warga untuk tingkatkan keamanan pada libur Lebaran 2022 ini.

"Tidak lama lagi khususnya umat muslim akan menyambut datangnya hari Raya Idul Fitri, dimana umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia melakukan salat Ied, saat ini adalah yang paling tepat untuk menyampaikan dan mengajak warga untuk menjaga keamanan lingkungan supaya semua pihak dapat jalankan ibadah dengan khusyuk," ucap Peltu Yefrinaldi kepada Arunala.com di Padang, Jumat (29/4).

Baca Juga

Menurutnya, bila ada tamu atau warga yang mencurigakan silakan ditanyakan dengan baik-baik, apa tujuan dan lainnya, selain itu mari aktifkan kembali Siskamling untuk jaga lingkungan bersama.

Yefrinaldi juga mengingatkan, nantinya agar selalu berkoordinasi bila ada rumah yang kosong saat ditinggal penghuninya karena akan melaksanakan solat id, beritahu kepada ketua RT, RW setempat.

"Agar nanti dilakukan pengamanan warga lainnya yang tidak melaksanakan salat Ied, semua ini kita lakukan demi keamanan dan kenyamanan selama Lebaran," ucapnya.

Dia menyarankan, bila terjadi suatu hal di lingkungan, seperti tindak kriminal, silakan hubungi dirinya sebagai Babinsa dan Babhinkamtibmas secepatnya.

"Jangan main hakim sendiri karena negara kita adalah negara hukum dan semuanya harus sesuai hukum yang ada," imbuhnya.

Ketua RT 03/RW 17, Kelurahan Lubuk Buaya Kasmir, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Babinsa dan Bhabinkamtibmas telah memberikan arahan pada warga di kelurahannya.

"Warga selalu melakukan giat ronda demi menjaga keamanan wilayah sekitar RT 03/RW 17," kata dia.

Kasmir menyebutkan, kegiatan ronda selalu dilakukan warga, dan sekarang lebih ditingkatkan dimana banyak rumah warga kosong karena mudik Lebaran.

"Menjelang Lebaran banyak kerawanan pencurian karena tidak sedikitnya rumah warga yang kosong di tinggal mudik, untuk itu terus mengaktifkan ronda malam untuk menjaga keamanan," kata Kasmir.

Komentar