Puluhan Wisatawan Terpaksa Nginap di Pulau Angso Duo

Metro- 04-05-2022 19:48
Para wisatawan sampai di dermaga Pantai Gandoriah Kota Pariaman setelah berhasil dievakuasi dari Pulau Angso Duo, Rabu siang (4/5). (Dok : Istimewa)
Para wisatawan sampai di dermaga Pantai Gandoriah Kota Pariaman setelah berhasil dievakuasi dari Pulau Angso Duo, Rabu siang (4/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Kejadian para wisatawan harus menginap di kawasan wisata pantai Pulau Angso Duo di Kota Pariaman kembali terjadi.

Setidaknya sebanyak 71 wisatawan terpaksa bermalam di pulau itu akibat terjebak cuaca buruk dan badai saat mengunjungi destinasi wisata tersebut, Selasa (3/5) kemarin.

Esok harinya (Rabu pagi, red) para wisatawan itu berhasil dievakuasi tim gabungan dari Pemko Pariaman yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, PMI, BPBD, Tagana, Petugas Pulau dan Anak Kapal.

Baca Juga

Wali Kota Pariaman, Genius Umar membenarkan adanya wisatawan yang terjebak di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk.

"Saya telah menginstruksikan tim untuk mengevakuasi 71 wisatawan itu, segera setelah saya dapat informasi ada puluhan wisatawan di Pulau Angso Duo tidak bisa kembali ke daratan akibat terjebak cuaca buruk," kata Genius Umar di Pariaman, di saat mengawaso proses evakuasi berlangsung, Rabu (4/5).

Data yang didapat Genius, 71 orang wisatawan yang terpaksa menginap di Pulau Angso Duo itu berasal dari beberapa daerah dengan rincian 17 orang dari Pasaman Barat (3 anak-anak), 30 orang dari Agam (7 anak-anak), sembilan orang dari Padang, dua orang dari Padangpanjang, lima orang dari Padangpariaman, serta enam orang berasal dari Pekanbaru, dua orang lagi Duri.

Sebelum evakuasi dilakukan, lanjut Genius, pihaknya pada Selasa malam telah mendrop makanan, minuman dan obat-obatan serta selimut kepada wisatawan.

"Itu kami lakukan untuk memastikan para wisatawan yang menginap tersebut dalam keadaan sehat," ujar Genius Umar lagi.

Dia menjelaskan kronologi kejadian, bermula saat seluruh wisatawan berangkat dari Pantai Gandoriah ke Pulau Angso Duo pada Selasa pagi kemarin. Pada sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB, cuaca mulai tidak bersahabat.

"Sehingga kami mengambil kebijakan, seluruh wisatawan diinapkan. Keputusan ini juga telah disampaikan dan disetujui oleh wisatawan yang menginap. Saya juga mengutus petugas multi stakeholder untuk menemani para wisatawan bermalam di Pulau Angso Duo," terang Genius.

Komentar